Ibu Kota Baru

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Tahap Awal Bangun Istana Negara dan Bukan Dipimpin Kepala Daerah

Lokasi kandidat Ibu Kota Baru untuk di Kalimantan Timur ada beberapa tempat seperti Bukit Soeharto Kabupaten Kutai Kartanegara dan daerah Penajam.

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Tahap Awal Bangun Istana Negara dan Bukan Dipimpin Kepala Daerah
TribunKaltim.co/Fachmi Rachman
Gubernur Kaltim Isran Noor saat memaparkan presentasi tentang Kaltim diacara Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur pada Rabu (21/8/2019) di Hotel Swiss-Belinn Balikpapan, Jalan Jendral Sudirman. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan rupanya kini sudah menapak ke hal yang pasti, setelah ada pernyataan resmi dari pemerintah pusat yang sebutkan lokasi Ibu Kota Baru ke salah satu provinsi yakni Kalimantan Timur atau Kaltim.

Yups, Ibu Kota Indonesia di Kaltim. Demikian disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil di Jakarta, Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (22/8/2019).

Mengutip dari Kompas.com, terungkap, Sofyan menyatakan, pemerintah pusat telah meresmikan lokasi Ibu Kota Baru ada di Kalimantan Timur.

“Iya Kaltim benar,” tutur Sofyan Djalil yang telah umumkan Ibu Kota Indonesia di Kaltim.

Tentu Ibu Kota Indonesia di Kaltim ini belum dijelaskan secara spesifik lokasi persis di Kalimantan Timur bagian mananya.

“Tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana,” ungkap Sofyan.

Sejauh ini lokasi spesfik masih dalam tahap kajian dan pendalaman, pihaknya tidak ingin lokasi ini nanti akan dipermainkan oleh para spekulan tanah.

Berdasarkan kabar yang beredar, lokasi kandidat Ibu Kota Baru untuk di Kalimantan Timur ada beberapa tempat seperti Bukit Soeharto Kabupaten Kutai Kartanegara dan daerah Kabupaeten Penajam Paser Utara.

Namun, nama Bukit Soeharto dinyatakan oleh Kepala Bappenas tidak lagi menjadi kandidat lokasi Ibu Kota Baru.

Keberadaan Bukit Soeharto sudah dicoret dari daftar Ibu Kota Baru Republik Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved