DPRD Kota Balikpapan

Partai Golkar Balikpapan Pede Target Duduki 2 Ketua Komisi Gerindra Incar Komisi IV

saat ini partai politik yang duduk di parlemen sedang sibuk otak-atik posisi. Apalagi kalau bukan memenuhi posisi ideal alat kelengkapan dewan (AKD)

Partai Golkar Balikpapan Pede Target Duduki 2 Ketua Komisi Gerindra Incar Komisi IV
TribunKaltim.CO/Zainul
Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kursi ketua DPRD Balikpapan tak terbantah masih jadi milik Partai Golkar di parlemen Balikpapan. Sebelas kursi yang diperoleh menasbihkan mereka jadi partai pemenang Pileg 2019 di Balikpapan.

"Ketua DPRD pasti dari Golkar. Memang aturan pemenang kursi terbanyak jadi Ketua DPRD," kata Sekretaris DPD Golkar Balikpapan, Abdulloh.

Nah, saat ini partai politik yang duduk di parlemen sedang sibuk otak-atik posisi. Apalagi kalau bukan memenuhi posisi ideal alat kelengkapan dewan (AKD), baik ketua komisi dan badan dewan di DPRD Balikpapan.

Lalu bagaimana dengan partai Golkar? Apakah sudah mempersiapkan strategi untuk menempatkan kadernya di posisi terbaik dalam AKD di parlemen.

Kepada Tribunkaltim.co, Abdulloh berkata menargetkan 2 ketua komisi dan badan dewan pada formasi AKD 2019-2024."Insya alloh Golkar ambil 2 ketua komisi. Mudahan komunikasi politik berjalan sesuai dengan apa yang dikehendaki," harapnya.

Kendati demikian, dijelasakan politisi Golkar yang saat ini merupakan Ketua DPRD Balikpapan, masalah AKD belum bisa diputuskan. Lantaran menunggu pelantikan anggota DPRD dan pelantikan pimpinan dewan.

"Nah, setelah itu baru kami menyurat ke fraksi-fraksi untuk mengirim utusan, yang diutus masing-masing fraksi di 4 komisi dan beberapa badan yang ada. Setelah itu baru memetakan," ungkapnya.

Sementara, Partai Gerindra mengincar kursi ketua komisi di parlemen Balikpapan periode 2019-2024. Saat ini memang momentum lobi-lobi politik lintas partai yang berhasil mendudukkan calegnya di DPRD Balikpapan.

Hal itu diungkapkan Ketua DPC Partai Gerindra Balikpapan, Muhammad Taqwa pada Kamis (22/8/2019). Taqwa menyebut, terus membangun komunikasi dengan partai politik (parpol) yang memiliki fraksi di parlemen.

Termasuk kepada beberapa pimpinan partai politik."Dengan teman-teman anggota DPRD lain partai komunikasi kami cair. Kita bahas hampir setiap hari," tuturnya.

Pihaknya berharap mempertahankan kursi wakil ketua dan ketua komisi di parlemen periode 2014-2019. "Kalau wakil ketua, itu pasti, mutlak sudah. Golkar sebagai ketua, sementara wakil-wakilnya PDIP, Gerindra dan PKS," ucapnya.

Ditanya target, partai berlambang garuda ini mengincar ketua komisi IV DPRD Balikpapan. Komisi tersebut membidangi pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat.

"Cari suasana baru. Kerjaan baru berbakti kepada masyarakat Balikpapan. Pendidikan dan kesehatan jadi proritas program kerja kami ke depan," katanya.

Untuk diketahui, parlemen periode sebelumnya (2014-2019) sebelumnya Gerindra mendudukkan calegnya di kursi Wakil Ketua DPRD Balikpapan dan Ketua Komisi II.

"Insya alloh di 2019-2024 kemungkinan bergeser ke komisi IV. Semoga dapat dukungan dari partai lain. Prinsipnya semua komisi penting," ungkapnya. (bie)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved