Pemutihan IMB di PPU Gratis Hingga 31 Desember 2019, Tahun Depan Bangunan Tanpa IMB Dibongkar

"Sebab, tahun 2020 nanti, Pemkab PPU akan mengambil langkah tegas. Jika bangunan itu tanpa IMB, akan dilakukan pembongkaran"

Pemutihan IMB di PPU Gratis Hingga 31 Desember 2019, Tahun Depan Bangunan Tanpa IMB Dibongkar
TRIBUN KALTIM / HERIANI AM
Masyarakat mendaftarkan bangunan mereka dalam program pemutihan IMB di kantor DPMPTSP. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Penajam Paser Utara (PPU) Nomor 16 Tahun 2019 tentang Pemutihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pemerintah Kabupaten PPU menggratiskan pengurusan IMB per 1 Agustus hingga 31 Desember 2019.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Fernando menuturkan, maksud dari pemutihan IMB tak lain untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat PPU tentang pentingnya mengantongi IMB.

Bangunan yang memiliki IMB punya legalitas hukum.

"Selain itu, bila warga tertib IMB, pendapatan asli daerah kita akan bertambah," tuturnya, (22/8/2019).

Dijelaskannya, bangunan yang mendapatkan pemutihan IMB adalah bangunan rumah warga dengan klasifikasi 250 perkan, yang menjadi kewenangan Kecamatan setempat melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Sedangkan diatas 250 perkan, menjadi kewenangan DPMPTSP.

Sedangkan untuk bangunan dalam bentuk badan usaha, wajib memiliki izin berupa Upaya pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL) serta analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), yang  tidak dikenakan dengan Pemutihan IMB tersebut.

Dari 1 Agustus hingga 21 Agustus 2019 kemarin, warga yang mengikuti program pemutihan IMB tercatat 94 orang pendaftar.

"Dari Kecamatan Penajam yang sudah masuk ada 50 pendaftar IMB, Kecamatan Sepaku 25, dan Kecamatan Waru 19. Pendaftarannya sudah dalam proses," ungkapnya.

Fernando mengharapkan, dalam jangka waktu 5 bulan mulai 1 Agustus hingga 31 Desember 2019 nanti, ditargetkan ada 4.000 pendaftar IMB diseluruh wilayah Kabupaten PPU.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved