Rumah Sakit Teladan

RS Dirgahayu Samarinda Masuk Lima Besar Rumah Sakit Teladan Nasional

Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda menjadi satu-satunya rumah sakit yang mewakili Kalimantan beradu inovasi dengan rumah sakit di seluruh Indonesia.

RS Dirgahayu Samarinda Masuk Lima Besar Rumah Sakit Teladan Nasional
Humas RS Dirgahayu Samarinda
Tim penilai rumah sakit teladan se-Indonesia berfoto bersama jajaran manajemen Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Rumah sakit ini berhasil masuk nominasi lima besar tingkat nasional rumah sakit teladan kategori Rumah Sakit Type C se-Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Berkaitan penilaian rumah sakit teladan se-Indonesia yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, terutama pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS selama Juli-Agustus 2019, RS Dirgahayu Samarinda mendapat kehormatan yaitu terpilih masuk dalam 40 besar rumah sakit kategori RS teladan yang pada 27 Juli 2019, yang dinilai oleh tim BPJS Kesehatan Kantor Cabang Balikpapan.

Kemudian pada Jumat (9/8/2019) lalu, RS Dirgahayu mendapat kunjungan penilaian lagi oleh Tim Juri Eksekutif dari YLKI Rio Priambodo, Staf Bidang JPKR BPJS Kesehatan Damar Lia Susanti, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta JKN-KIS Achmad Zainuddin didampingi oleh Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Arief Saefudin, Staf Bidang PMR BPJS Kesehatan Olivia Fitri, Verifikator Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Lailul Izzah, dan staf PIPP RS untuk BPJS Kesehatan Wulan Pratiwi.

Dalam proses penilaian tersebut, Rumah Sakit Dirgahayu masuk nominasi 15 besar RS teladan untuk kategori seluruh rumah sakit se-Indonesia, dan masuk 5 besar tingkat nasional untuk kategori Rumah Sakit Type C dari seluruh rumah sakit di Indonesia.

Selanjutnya, pada 16 Agustus 2019, RS Dirgahayu dalam hal ini Direktur dr Indriani Lim diundang ke Kantor BPJS Kesehatan Pusat Jakarta untuk menerima piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai "Rumah Sakit dengan Komitmen Tinggi Dalam Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Peserta JKN-KIS Kategori Kelas C".

Dr Lucia Ristuti Widyangingrum Humas RS Dirgahayu mengucapkan terimakasih kepada BPJS Kesehatan Kota Samarinda yang sudah mempercayakan RS Dirgahayu untuk maju sebagai RS Teladan mewakili Kota Samarinda dan akhirnya lolos mewakili Kalimantan Timur, dan menjadi satu-satunya RS yang mewakili Kalimantan beradu inovasi dengan rumah sakit di seluruh Indonesia. Hal ini terjadi dikarenakan RS Dirgahayu Samarinda terus mengembangkan sistem pelayanan dan inovasi-inovasi terbaru setiap tahunnya. Inovasi yang termasuk di dalam penilaian RS Teladan itu adanya mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dan reservasi online via Android untuk peserta JKN-KIS dan pasien umum, yang fungsinya membantu sistem pendaftaran dari yang awalnya mendaftar manual melalui loket pendaftaran beralih menjadi sistem online sehingga dapat memangkas panjangnya antrean di loket pendaftaran, pasien pun bisa langsung menuju poli dokter spesialis hanya dengan waktu pendaftaran ± 25-35 detik.

Untuk penggunaan mesin APM dan reservasi online via Android pun, peserta harus sudah terdaftar terlebih dahulu menjadi pasien di RS Dirgahayu Samarinda untuk penginputan data rekam medis dan lainnya. Untuk reservasi online via android dapat didownload di Playstore/google play (untuk saat ini hanya support di Android) dengan memasukkan nomor rekam medis dan tanggal lahir setelah itu pasien bisa reservasi (ada pilihan menu untuk pasien umum & JKN) dengan ketentuan pendaftaran dilakukan satu hari sebelum pasien ke RS Dirgahayu dengan scan barcode yang tertera di reservasi online ke Mesin APM ± 5 detik untuk mendapatkan Surat Elegibilitas Peserta JKN-KIS yang dibawa ke Dokter Spesialis.

Inovasi lainnya yang sudah berjalan di RS Dirgahayu yaitu adanya jasa pengantaran obat secara gratis dari petugas RS Dirgahayu untuk wilayah Samarinda Kota - Samarinda Seberang dan program SMS Gateway (SMS pemberitahuan dari RS Dirgahayu) untuk pasien yang menunggu hasil laboratorium dan pasien yang kontrol ke dokter pasca-dirawat inap di RS Dirgahayu. Program-program ini tak luput dari ide-ide dr Yohanes Libut,MKes dan dr Lukas Demo Bakiaq,MM, Direktur dan Wakil Direktur sebelumnya yang menginginkan inovasi terbaru di RS Dirgahayu, sehingga memudahkan pelayanan kepada pasien yang berobat ke RS Dirgahayu. "Harapan kami, semoga RS Dirgahayu dapat mengharumkan nama Kalimantan terutama menjadi RS swasta terbaik se-Kalimantan Timur karena terpilih menjadi RS teladan dan mampu bersaing dengan rumah sakit-rumah sakit seluruh Indonesia," tambah dr Lucia.(*)

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved