Ibu Kota Baru

Walikota Balikpapan Tak Kaget Ibu Kota Negara Jadi Pindah ke Kaltim

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi saat dimintai tanggapan mengaku tak kaget lantaran seluruh parameter yang ditentukan Bappenas

Walikota Balikpapan Tak Kaget Ibu Kota Negara Jadi Pindah ke Kaltim
TribunKaltim.Co/Zainul
Walikota Balikpapan Rizal Effendi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kalimantan Timur jadi Ibu Kota Negara. Kicauan itu bukan pepesan kosong setelah Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengungkap hal tersebut, Kamis (22/8).

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi saat dimintai tanggapan mengaku tak kaget lantaran seluruh parameter yang ditentukan Bappenas melalui tim kajian mereka soal IKN lengkap di Kalimantan Timur.

"Ya, seperti kata Pak Gubernur, ini bagian dari kontribusi Kaltim selama ini. Tak mengagetkan Kaltim yang dipilih. Semua parameter dan indikator (IKN yang ideal) memang lebih besar di Kalimantan Timur," katanya, Kamis (22/8/2019)

Lebih lanjut Rizal mengatakan, dampak dari pemindahan Ibu Kota Negara bakal dirasakan langsung Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurutnya,  tak hanya arus orang yang meningkatkan, arus komoditas logistik juga kena dampak. Baik untuk pembangunan infranstruktur fisik maupun komoditas kebutuhan lainnya.

"Pelaksanaannya pasti arus orang, arus logistik juga banyak melalui pintu Balikpapan. Baik melalui pelabuhan laut dan udara. Kesibukkan juga terjadi di Balikpapan saat waktu pelaksanaan," ungkapnya.

Balikpapan bakal berfungsi sebagai kota penyangga IKN baru di Kalimantan Timur. Melihat bandara dan pelabuhan international yang jadi pintu masuk atau kerap disebut gerbangnya Kalimantan Timur.

"Fungsi Balikpapan tetap tinggi sebagai penyangga ibu kota," tuturnya. 

Kaltim Resmi Ditunjuk Ibu Kota Negara

RESMI, Kalimamntan Timur Dipilih Menjadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved