Ibu Kota Baru

Bukit Soeharto Dicoret, Mencuat Nama Penajam dan Kukar Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur

Isu yang beredar, lokasi yang bakal jadi Ibu Kota Baru RI ini, ada di Kutai Kartanegara atau Kukar dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bukit Soeharto Dicoret, Mencuat Nama Penajam dan Kukar Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur
Kolase Tribunkaltim.co
Gubernur Kaltim Isran Noor dan Presiden Joko Widodo. Kali ini kedua orang ini menjadi bahan perbincangan mengenai perpindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Setelah nama Bukit Soeharto dicoret, isu yang beredar, lokasi yang bakal jadi Ibu Kota Baru RI ini, ada di Kutai Kartanegara atau Kukar dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Belakangan ramai pembahasan Ibu Kota Indonesia di Kaltim. Ini dilontarkan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang. Kabar Kalimantan Timur menjadi lokasi pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. 

Kontan pernyataan Ibu Kota Indonesia di Kaltim dari menteri tersebut mendapat respon positif dari kalangan masyarakat seperti halnya Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang ungkapkan kepada Tribunkaltim.co pada Kamis (22/8/2019). 

 "Ya, seperti kata Pak Gubernur Kaltim Isran Noor, ini bagian dari kontribusi Kalimantan Timur selama ini. Tak mengagetkan Kalimantan Timur yang dipilih. Semua parameter dan indikator, Ibu Kota Baru yang ideal, memang lebih besar di Kalimantan Timur," ujarnya.

Tentu saja muncul dugaan ini akan sisakan daerah calon Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur, yakni di daerah Penajam Paser Utara. Namun semua ini masih samar-samar, informasi spesifik lokasi Ibu Kota Baru belum jelas arahnya. 

Apa yang dikatakan menteri soal Ibu Kota Indonesia di Kaltim, merupakan bukan informasi yang benar. Kabarnya masih belum diputuskan sebab lokasi Ibu Kota Baru RI masih dalam tahap pendalaman dan pengkajian. 

"Masih tunggu satu atau dua kajian," ujar Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Posisi Kalimantan Timur masih dikaji. “Saya kira, apa yang disampaikan itu merupakan informasi yang membahagiakan bagi masyarakat Kalimantan Timur pada umumnya. Juga, membahagiakan bagi masyarakat Indonesia. Namun saya belum yakin 100 persen. Mungkin itu konteks kalimatnya. Tapi, itu diumumkan langsung oleh Pak Presiden Joko Widodo. Tapi, kalau sudah diumumkan oleh Pak Mentri ATR ya itulah. Nda jauh-jauh lah itu. Soal ini pun, saya baru tau dari kalian (Awak media)," ungkapnya. 

Mengutip dari Humas Pemprov Kalimantan Timur, yang memantau liputan program Aiman Kompas TV, bertemu dengan Gubernur Kaltim Isran Noor

Pertemuan kru Kompas TV dengan Gubernur Kaltim Isran Noor berlangsung di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (22/8/2019). 

Aiman bertanya mengenai lokasi Ibu Kota Baru RI yang kabarnya menguat ke Kalimantan Timur. Jika Kalimantan Timur yang dipilih tentu dimana lokasi spesifiknya. 

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved