Ibu Kota Baru

Doa Tahun 2015 dalam Kapsul Waktu, Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, Ini Kelemahan Kaltim

Presiden Joko Widodo di Jakarta, yang sebutkan, Ibu Kota Baru RI belum tentu ada di Kalimantan Timur.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Posisi Ibu Kota Baru Republik Indonesia sejauh ini masih samar-samar. Rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan pun belum terdeteksi lokasi spesifiknya.

Sempat Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia, Sofyan, mengatakan, Ibu Kota Baru RI berada di daratan wilayah Kalimantan bagian Timur.

"Iya Kalimantan Timur, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana ya belum," tutur Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Namun lantas hal ini langsung dikomentari langsung oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, yang sebutkan, Ibu Kota Baru RI belum tentu ada di Kalimantan Timur. Pernyataan Menteri Agraria dan Tata Ruang dibantah oleh Presiden Joko Widodo

Rencana pemindahan ibu kota seakan maju mundur cantik, pernyataan satu dengan yang lainnya tercermin ada tarik ulur. Membenarkan pernyataan Presiden Joko Widodo, Gubernur Kaltim Isran Noor, kepada Tribunkaltim.co, mengungkapkan, belum mempercayai informasi pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

“Saya kira, apa yang disampaikan itu merupakan informasi yang membahagiakan bagi masyarakat Kalimantan Timur pada umumnya. Juga, membahagiakan bagi masyarakat Indonesia,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor, saat ditemui di rumah pribadinya pada Kamis (22/8/2019) malam di Jalan Adipura no 21, Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Sebenarnya, doa masyarakat Kalimantan Timur ingin menjadikan Ibu Kota Baru RI sudah tergambar sejak lama, puncaknya di tahun 2015 dalam momen kapsul waktu yang berlangsung dalam rentang  26 hingga 29 Oktober 2015.

Pelaksanaan kapsul waktu ini kegiatan resmi dari pemerintahan Presiden Joko Widodo, lokasi titik akhir kapsul waktu berada di Papua. Dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, mimpi-mimpi tiap provinsi disimpan dalam kapsul waktu lalu dibawa ke titik akhir di Papua.

Nantinya kapsul waktu ini akan dibuka pada 70 tahun kemudian, atau yang jatuh di tahun 2085 masehi. Dengan harapan saat dibuka kapsul waktu ini ada yang tergapai, impian doa yang disimpan dalam kapsul waktu benar-benar terwujud.

Kala itu, ada tujuh mimpi, satu di antara mimpi di dalam kapsul waktu ini ada kata, Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur. Momen ini sangat berkaitan dengan bau Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, semangat muda, bertema gerakan Ayo Kerja, dilaksanakan di GOR Madya Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved