Ibu Kota Baru

Ibu Kota Indonesia di Kaltim Dikoreksi Menteri Agraria, Kalimantan Timur Itu Salah Satu Alternatif

di Jakarta, Menteri Agraria Sofyan, menyatakan, pernyataan pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur waktu itu bukan sebuah hal yang benar.

Ibu Kota Indonesia di Kaltim Dikoreksi Menteri Agraria, Kalimantan Timur Itu Salah Satu Alternatif
Kolase Tribunkaltim.co/Antara
Rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke wilayah Pulau Kalimantan. Ada tiga kandidat yang jadi calon Ibu Kota Baru RI, yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur belum pasti. Putusan mengenai Ibu Kota Indonesia di Kaltim belum sah. 

Beberapa hari lalu Menteri ATR, Sofyan Djalil berdalil, Ibu Kota Indonesia di Kaltim namun beberapa jam kemudian dibantah oleh Presiden Joko Widodo

Saat ini pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur belum benar, masih dalam proses kajian, calon daerah Ibu Kota Baru antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Saat ditemui sejumlah media di Jakarta, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, menyatakan, pernyataan pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur waktu itu bukan sebuah hal yang benar. 

Tentu saja soal hari itu, Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur bukan hal benar, masih dikaji nanti resminya akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo

"Kalimantan Timur itu alternatifnya, antara lain. Itu saya koreksi. Salah satu alternatif. Tunggu saja, ada beberapa studi yang masih dikerjakan sama Bappenas nanti Pak Presiden Joko Widodo akan umumkan," ujarnya di Jakarta, Jumat (23/8/2019). 

Mengutip Kompas.com, Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil mengklarifikasi pernyataannya sendiri terkait rencana pemindahan ibu kota ke Provinsi Kalimantan Timur ( Kaltim).

Ia menegaskan, hingga kini belum ada keputusan resmi dari Presiden Joko Widodo terkait lokasi pemindahan ibu kota.

Pasalnya, masih ada 1-2 kajian yang tengah dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas terkait pemindahan ibu kota.

"Enggak itu tanda kutip saja (pindah ke Kaltim). Perlu saya koreksi," kata Sofyan di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved