Berita Pemkab Kutai Barat

Jemaah Haji Kloter Empat Dijadwalkan Tiba 3 September 2019, PPIH Kubar Siapkan Penjemputan

tidak semua jamaah haji Kubar menuju Melak, ada yang memisahkan diri turun di Kota Samarinda, Kecamatan Penyinggahan dan Muara Pahu.

Jemaah Haji Kloter Empat Dijadwalkan Tiba 3 September 2019, PPIH Kubar Siapkan Penjemputan
HUMASKAB KUBAR
Pengelola Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Kutai Barat menggelar rapat persiapan penjemputan jemaah haji 1440H/2019M. Rakor pada Rabu (21/8) dipimpin Ketua PPIH yang juga Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Dr. Misran Effendi, S.STP, M.Si. 

SENDAWAR - Pengelola Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Kutai Barat menggelar rapat persiapan penjemputan jemaah haji 1440H/2019M.

Rakor berlangsung di ruang koordinasi lantai III Pemkab Kubar, Rabu (21/8/2019) dipimpin Ketua PPIH yang juga Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Dr. Misran Effendi, S.STP, M.Si.

Pada rapat ini ditekankan pentingnya koordinasi di antara pihak terkait dan saling melengkapi kesiapan penjemputan.

Seperti diketahui jemaah haji Kutai Barat kelompok terbang (kloter) empat dijadwalkan tiba di Tanah Air tanggal 3 September 2019 pukul 09.50 Wita.

Kesiapan apa saja dalam menyambut jamaah ini PPIH harus tanggap mulai pemeriksaan kesehatan, penyediaan alat transportasi, hingga acara resmi pembubaran di masjid Al Muttaqin Islamic Center Kubar.

Sementara itu Wakil Ketua PPIH H. Muhammad Isnaini, S.Ag, M.Pd dalam kesempatan ini menjelaskan, dari jumlah jamaah haji 97 orang, saat pemberangkatan satu orang batal ke tanah suci dengan alasan kesehatan. Jemaah Kubar terbagi dalam dua kloter, yaitu kloter empat dan enam.

Kepala Kemenang Kubar ini menjelaskan, kloter empat saat pulang berkurang satu lagi karena dikabarkan satu jamaah asal Kecamatan Muara Pahu atas nama H. Bakhrun bin Muhammad Usman (70) meninggal dunia di Tanah Suci. Jumlah keseluruhan jemaah haji Kubar kloter empat menjadi 91 orang.

Hasil pendataan, tidak semua jamaah haji Kubar menuju Melak, mereka ada yang memisahkan diri turun di Kota Samarinda, Kecamatan Penyinggahan dan Muara Pahu.

Sementara itu anggota PPIH lainnya berjanji siap memberikan pengamanan dari Polres dan Satpol PP, Dinas kesehatan segera menyediakan penambahan tabung oksigen dan keperluan obat obatan. Sementara Dishub akan mengecek jembatan dermaga hingga rekayasa jalur penjemputan.

Terakhir pihak kapal motor Barokah yang disampaikan Sugiansyah (crew kapal) telah menyiapkan kondisi kapal secara baik terutama alat keselamatan berlayar dan kondisi mesin kapal. Namun demikian kapal saat penjemputan berada di Pelabuhan Sei Kunjang Samarinda, pihak Dishub Samarinda yang akan melakukan pemeriksaan kembali.

Empat jamaah haji Kubar lain yang tergabung dalam Kloter 6 tiba di tanah air 5 September 2019 pukul 23.30 Wita. Dua orang di kabarkan singgah di Samarinda, sementara dua sisanya langsung ke Kubar menggunakan angkutan darat yang di sediakan PPIH. (hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved