Ibu Kota Baru

Kandidat Calon Ibu Kota Baru RI, Sotek Bisa Diakses Melalui Jembatan Pulau Balang dan Jembatan Tol

Di Kaltim sendiri ada dua daerah yang menjadi calon kuat yaitu di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kandidat Calon Ibu Kota Baru RI, Sotek Bisa Diakses Melalui Jembatan Pulau Balang dan Jembatan Tol
TRIBUNKALTIM/SITI ZUBAIDAH
Jembatan Pulau Balang yang ada di kawasan Teluk Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Rencana pemindahan ibu kota Negara  Indonesia (IKN) di Pulau Kalimantan sudah diputuskan Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus lalu. Namun untuk lokasi akhirnya belum diputuskan meski sempat disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil bahwa telah diputuskan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Namun pernyataan Sofyan Jalil ini dibantah Presiden Joko Widodo, bahwa sampai sekarang belum diputuskan lokasi untuk ibu kota baru, karena perlu kajian yang cukup panjang.

Di Kaltim sendiri ada dua daerah  yang menjadi calon kuat yaitu di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Masing-masing daerah memiliki keunggulan untuk menjadi ibu kota. Selain lahan yang masih luas, juga ketersediaan infrastruktur seperti jalan dan jembatan.

Kawasan Sotek, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,  dilihat dari udara.
Kawasan Sotek, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dilihat dari udara. (HO)

Khusus untuk di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ketersediaan infrastruktur sedang dipersiapkan. Selain sudah tersedia jalan simpang Silkar menuju kilometer 38 Samboja, saat ini juga sedang dibangun Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Penajam-Balikpapan.

Selain itu, juga sedang tahap persiapan pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan yang juga untuk menghubungkan Kabupaten PPU dengan Kota Balikpapan.

Dengan adanya kedua jembatan ini,. bila nantinya Presiden Jokowi memutuskan di Sotek atau PPU maka akses menuju Bandara Balikpapan juga cukup dekat tak perlu melalui transportasi laut.

Jembatan Pulau Balang

Untuk pembangunan Jembatan Pulau Balang yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, kini progres pembangunan untuk bentang panjang. Untuk bentang pendek sudah selesai sejak dua tahun lalu dari sisi Penajam.

Kepala Bagian Pembangunan Setkab PPU, Nicko Herlambang, Jumat (23/8/2019) mengatakan, untuk pembangunan bentang panjang sudah mencapai progres 68 persen. Bahkan untuk jalan di Pulau Balang sudah hampir rampung 100 persen dan saat ini sudah tahap pemasangan lampu penerangan jalan.

Sementara untuk bentang panjang lanjutnya, juga sudah mulai dilakukan pemasangan pilon dari sisi kiri dan kanan dengan ketinggian mencapai 120 meter. Bila pemasangan pilon ini selesai, maka dilanjutkan dengan pemasangan jalan tengah di bentang panjang tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Samir Paturusi
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved