Pagar Pembatas Dianggarkan Rp200.000/Meter, Pasca MTQ Bisa Digunakan Masjid Agung Nurul Falah

Dari 8 cabang lomba yang dipertandingkan di 9 majelis (tempat lomba), 5 diantaranya memerlukan mimbar.

Pagar Pembatas Dianggarkan Rp200.000/Meter, Pasca MTQ Bisa Digunakan Masjid Agung Nurul Falah
TRIBUN KALTIM / SARASSANI
Masjid Agung Nurul Falah sebagai Arena Utama MTQ ke-41 Kaltim sekaligus Majelis I Cabang Lomba Tilawah. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 Kaltim, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser Hasanuddin dipercaya selaku Koordinator Seksi Arena Dekorasi dan Perlengkapan Panitia MTQ Ke-41 Kaltim.

Dari 8 cabang lomba yang dipertandingkan di 9 majelis (tempat lomba), 5 diantaranya memerlukan mimbar.

Selebihnya seperti cabang lomba Cerdas Cermat Al Quran, Kaligrafi dan Penulisan Makalah Al Quran tidak memerlukan mimbar.

“Mimbar inilah yang kita fasilitasi pembangunannya dengan nilai Rp200 juta/unit, plus bendera. Khusus Arena Utama MTQ di Masjid Agung Nurul Falah dibangun dengan biaya Rp1,8 miliar, dikerjakan oleh rekanan pemenang lelang,” kata Hasanuddin, Kamis (22/8/2019).

Sesuai dengan design Arena Utama MTQ Ke-41 Kaltim, lanjut Hasanuddin, akan ada beberapa tenda besar untuk peserta MTQ, tamu undangan dan lainnya.

Rencananya mereka masuk lewat pintu gerbang masjid Jalan Khaliluddin, sedangkan masyarakat dari pintu gerbang Jalan Yos Sudarso.

Supaya masyarakat yang ingin menyaksikan acara pembukaan MTQ tidak terlalu jauh masuk ke dalam Arena MTQ, tambah Kabid Cipta Karya Arya Widhiyasa, perlu pagar pembatas tetapi anggaran pembuatannya tidak tersedia, sehingga DPUTR berinisiatif menawarkannya kepada pihak ketiga.

“1 unit pagar pembatas dengan panjang 1 meter seharga Rp200.000. Itu yang kita tawarkan ke pihak ketiga. Karena pasca MTQ, pagar pembatas bisa digunakan misalnya untuk batas parkir area masjid, jadi banyak yang bersedia menyumbang,” kata Arya.

Selain pagar pembatas, tambah Arya, DPUTR juga menawarkan pembuatan umbul-umbul, baliho MTQ, dan balon udara.

“Banyak yang perlu disiapkan, tapi dananya terbatas, makanya kita berinisiatif menggugah kepedulian pihak ketiga untuk mensukseskan penyelenggaraan MTQ ini,” tambahnya. (*)

Penulis: Sarassani
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved