Ibu Kota Baru

Pemindahan Ibu Kota RI dari Jakarta, Emil Salim: Yang Kasian Ya Presiden, Kenapa Bappenas Tega

Emil Salim mengatakan, usalan Bappenas yang menjadi langkah pengambilan kebijakan Presiden Joko Widodo, keliru.

Pemindahan Ibu Kota RI dari Jakarta, Emil Salim: Yang Kasian Ya Presiden, Kenapa Bappenas Tega
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ibu Kota Indonesia direncanakan bakal dipindah dari Jakarta ke kota di luar Pulau Jawa. Bappenas beberkan pemindahan ibu kota RI akan ke Pulau Kalimantan. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota ditanggapi langsung oleh pengamat ekonomi Indonesia dan mantan menteri Emil Salim di Jakarta

Kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo soal pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan mendapat sorotan tajam dari Emil Salim.

Intinya, Emil Salim menilai pemindahan ibu kota merupakan kebijakan yang tidak tepat dalam rangka meningkatkan kemajuan Indonesia. 

Ekonom senior Emil Salim mengaku sedih mendengar usulan Bappenas, soal pemindahan ibu kota.

Ini menyangkut soal pemindahan ibu kota yang disinyalir mampu memeratakan pertumbuhan ekonomi dan menjadikan Indonesia Sentris.

Nah, Emil Salim mengatakan, usalan Bappenas soal pemindahan ibu kota yang menjadi langkah pengambilan kebijakan Presiden Joko Widodo, itu keliru.

"Di sini kita ingin bilang kepada teman-teman kita di Bappenas, keliru cara berpikirnya itu. Yang kasian ya presiden, yang memikul dampaknya. Kenapa bappenas tega berbuat seperti itu? Saya sedih sekali mendengarnya," kata Emil Salim dalam Diskusi Publik INDEF di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Rapat Alih-alih pemindahan ibu kota baru, Emil Salim menyarankan untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM).

Pasalnya, semua negara maju di Asia seperti Jepang, China, dan Korea Selatan terus membangun SDM untuk menjadikan negaranya maju.

Terlebih, Indonesia tengah mengalami bonus demografi yang kedepannya belum tentu terjadi lagi.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved