Setelah DPRD Balikpapan Dilantik, Penyidikan Kasus RPU Tetap Berlanjut, Dua Anggota Dewan Dibidik

Setelah pelantikan DPRD Balikpapan, kasus Korupsi Rmumah Potong Unggas alias RPU tetap berlanjut, Polda Kaltim Bidik 2 anggota dewan

Setelah DPRD Balikpapan Dilantik, Penyidikan Kasus RPU Tetap Berlanjut, Dua Anggota Dewan Dibidik
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Direktur Kriminal Khusus Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Budi Suryanto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/11/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penyidikan kasus Korupsi Rumah Potong Unggas (RPU) di Kota Balikpapan akan terus dilakukan pihak Polda Kaltim. Hal tersebut diungkapkan Direktur Reskrimsus Polda Kaltim Kombes Pol Budi Suryanto belum lama ini kepada Tribunkaltim.co.

Budi Suryanto mengatakan, sebelumnya proses penyidikan kasus Korupsi RPU yang merugikan negara hampir Rp 11 miliar ini memang sempat ditunda sesuai Telegram Rahasia (TR) dari Bareskrim Polri terkait penghentian sementara selama tahapan dan proses pemilu 2019 lalu guna menjaga kondusivitas dan keamanan berjalannya pesta demokrasi tersebut.

Namun ucap dia, proses penyidikan akan dilanjutkan kembali saat pesta demokrasi lima tahunan tersebut selesai hingga pelantikan DPRD kota Balikpapan.

"Penundaan itu akan kita lanjutkan, yang jelas proses penyidikan RPU masih on progress. Penyidikan akan kita lanjutkan setelah pelantikan anggota DPRD Balikpapan," ujarnya.

Sebagai informasi, sebelum penundaan sementara penyidikan kasus korupsi RPU ini, berdasarkan TR Bareskrim tersebut, penyidikan kasus Korupsi ini oleh Polda Kaltim tengah membidik dua anggota DPRD Kota Balikpapan periode 2014-2019, yakni AY dan AD.

Diketahui, dalam kasus Korupsi RPU tersebut telah terdapat beberapa orang yang divonis tersangkut dalam kasus itu dan diganjarr hukuman bervariasi mulai dari 2,5 tahun hingga 5 tahun penjara.

Mereka diantaranya M Yosmianto, Noorlenawati, Ratna Panca Mardani, Chaidar Chairulsyah, Ambros dan Selamat.

Bahkan, yang terbaru adalah mantan anggota DPRD Kota Balikpapan Andi Walinono yang dihukum 7 tahun penjara dan denda Rp 200 juta. Namun, hukuman tersebut masih dalam proses banding.

7 Tersangka dalam kasus RPU

Kasus Tindak Pidana Korupsi Rumah Potong Unggas (RPU) di Kota Balikpapan saat ini telah menghasilkan tujuh tersangka tersangka.

Halaman
1234
Penulis: Aris Joni
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved