Kemeriahan HUT RI Belum Berakhir, Warga Samarinda Gelar Lomba Balap Karung Pakai Helm

Berbagai kegiatan dilaksanakan guna menyambut peringatan HUT RI ke 74 di Samarinda

Kemeriahan HUT RI Belum Berakhir, Warga Samarinda Gelar Lomba Balap Karung Pakai Helm
TRIBUNKALTIM.CO/CAHYO WICAKSONO PUTRO
lomba balap karung pakai helm, yang diselenggarakan guna menyambut peringatan HUT RI ke 74 di Samarinda. Di Jl. P. Hidayatullah, Gg. Amal, Minggu (25/8/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO - Berbagai kegiatan dilaksanakan guna menyambut peringatan HUT RI ke 74 di Samarinda.

Warga Jl. P. Hidayatullah, Gg. Amal menggelar berbagai lomba diantaranya, lombabalap karung pakai helm, Minggu (25/8/2019).

//

Salah satu juri lomba Ari Purnomo mengatakan, kriteria penilaian lomba yang terselenggara di Jl. P. Hidayatullah Gg. Amal, Blok. D tahun ini tidak mematok banyak syarat.

Bahkan dari beberapa lomba, ada satu lomba yang pemenangnya dinilai, ketika mampu menunjukkan cara mengenakan helm dengan benar, saat lomba balap karung menggunakan helm terlaksana.

"Lomba balap karung telah kami modifikasi menjadi bentuk dan aturan yang berbeda dari tahun sebelumnya, selain untuk bergembira kita sekalian mengedukasi warga pentingnya keselamatan berkendara, khususnya pemakaian helm," ujar Ari Juri Lomba, Minggu (25/8/2019).

Menurutnya, tujuan panitia memodifikasi lomba balap karung dalam rangka meramaikan HUT ke-74 Kemerdekaan RI adalah untuk mengajarkan kepada warga khususnya peserta lomba, yang mayoritas masih berusia 5 -14 tahun, akan keamanan menggunakan helm.

"Dengan menggunakan helm selain untuk menjaga agar kepala peserta tidak terluka, kita juga ingin memberi contoh kepada warga. Lomba balap karung yang hanya menggunakan karung dan berjalan jongkok saja bisa mengalami cedera atau luka, maka panitia mewajibkan peserta menggunakan helm, apalagi saat berkendara menggunakan motor, kalau tidak pakai helm, sangat membahayakan pengendaranya," tuturnya.

Dia mengatakan warga antusias mengikuti gelaran lomba memeriahkan HUT RI Ke-74, hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftarkan diri dalam mengikuti lomba balap karung helm.

Bahkan salah satu peserta lomba Faris (6), saat ditanya apa yang membuatnya tertarik mengikuti lomba ini, yang jawabannya memancing gelak tawa warga yang hadir.

Halaman
12
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved