Berita Pemprov Kalimantan Timur

Jadi Keynote Speaker Seminar Nasional, Hadi Mulyadi Tegaskan Kaltim Fokus Siapkan SDM Berkualitas

Kaltim tidak dapat menggantungkan diri terus dengan sumber daya alam, karena hal tersebut lambat laun akan habis.

Tribunkaltim.co, Purnomo Susanto
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi 

SAMARINDA - Sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas pembangunan Kaltim. Fokus pembangunan pendidikan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam upaya mendukung terwujudnya percepatan dan pemerataan pembangunan Kaltim.

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menyebutkan membangun Kaltim yang sangat luas dengan penduduk hanya sekitar 3,5 juta jiwa tentu tidak mudah. Kaltim harus menyiapkan SDM berkualitas dan andal.

"Kaltim tidak dapat menggantungkan diri terus dengan sumber daya alam, karena hal tersebut lambat laun akan habis. Maka dari itu untuk mengantisipasinya harus ada terobosan dengan peningkatan kualitas SDM dari berbagai jenjang pendidikan, sehingga generasi muda Kaltim ke depan memiliki daya saing yang tinggi," kata Hadi Mulyadi usai menjadi keynote speakers pada Seminar Nasional Pendidikan yang dilaksanakan FKIP Unmul Samarinda di Ruang Serbaguna Rektorat Unmul Samarinda, Sabtu (24/8/2019).

Peningkatan kualitas SDM yang unggul, menurut Hadi Mulyadi merupakan kewajiban semua. Apalagi bila kemudian Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota negara. Mau tidak mau, semua harus dipersiapkan, agar jangan sampai penduduk Kaltim justru terpinggirkan.

"Kita harus tetap menjadi warga unggul, salah satunya dengan kualitas SDM yang mumpuni. Makanya kita akan terus mempersiapkan dan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana, baik pendidik atau guru yang merupakan faktor penentu meningkatnya kualitas SDM. Bukan hanya di perkotaan, tetapi juga di pedesaan dan perbatasan," bebernya.

Hadi Mulyadi menambahkan program pendidikan masih menjadi prioritas dan tertuang dalam visi dan misi Kaltim 2018-2023 yaitu berdaulat dalam peningkatan SDM yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas.

"Pendidikan harus terdepan, selain kualitas juga berintegritas dan berdedikasi tinggi agar terbentuk generasi penerus yang cerdas, berkarakter serta berakhlak mulia. Amanah dari negara tidak saja untuk pemerintah daerah, tetapi semua pihak termasuk lembaga pendidikan untuk berkontribusi dalam merealisasikannya," pungkas Hadi. (mar/sul/ri/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved