Ibu Kota Baru

Kalangan SMK Negeri di Penajam Tanggapi Positif Ibu Kota Indonesia di Kaltim

Kepala SMKN 2 PPU, masyarakat mesti menyambut baik pemindahan IKN di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kalangan SMK Negeri di Penajam Tanggapi Positif Ibu Kota Indonesia di Kaltim
Tribunkaltim.co/HO Telkomsel
Telkomsel terus bergerak layani secara maksimal telekomunikasi demi menunjang di lokasi calon Ibu Kota Baru RI di pulau Kalimantan khususnya jika Provinsi Kalimantan Timur yang akan dijadikan pemerintah Republik Indonesia sebagai lokasi Ibu Kota Baru bagi Republik Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar), direspon oleh banyak pihak.

Salah satunya Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri atau SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara.

Menurut Jukianta, Kepala SMKN 2 PPU, masyarakat mesti menyambut baik pemindahan IKN di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dampak positif yang akan dirasakan, adalah kemajuan pembangunan dan infrastruktur yang secara garis lurus, sangat baik untuk perkembangan ekonomi, sosial, budaya hingga pendidikan.

"Selama ini, Kalimantan cukup ketinggalan dari pulau Jawa. Pendidikan harus kita majukan lagi," katanya, Senin (26/8/2019).

Sumber daya berkualitas didapat dari pendidikan yang berkualitas pula. Olehnya itu, sudah menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah mulawarman.

"Jangan sampai, SDM nanti diambil alih oleh orang luar," tuturnya.

Dengan peningkatan SDM, serta layanan pendidikan yang meningkat, masyarakat bisa bersaing dengan putra putri dari daerah bahkan bangsa lain.

Jukianta juga mengatakan, meskipun warga PPU sebagian besar merupakan pendatang yang diterima dengan baik oleh penduduk asli sehingga tidak ada riak kesukuan, IKN bisa saja mempengaruhi budaya.

Ia mengharapkan, warga Kalimantan Timur tetap mempertahankan budaya mereka, agar menjadi kearifan lokal yang menarik untuk dipelajari lebih jauh.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved