Ibu Kota Baru

Kaltim Resmi Jadi IKN, DPRD Samarinda: Jangan Main-main dengan Tanah, Jangan Ambil Untung!

Penetapan Kaltim sebagai ibu kota negara menggantikan DKI Jakarta diumumkan langsung Presiden Jokowi, Senin (26/8/2019) siang tadi di Istana Negara.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Presiden Joko Widodo telah menetapkan ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur, tepatnya di dua kabupaten, yakni Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Penetapan Kaltim sebagai ibu kota negara menggantikan DKI Jakarta diumumkan langsung Presiden Jokowi, Senin (26/8/2019) siang tadi di Istana Negara, Jakarta.

Penetapan Kaltim sebagai ibu kota negara disambut suka cita oleh sejumlah pihak, termasuk anggota DPRD Kota Samarinda, yang baru saja dilantik di GOR Segiri, Jalan Kesuma Bangsa, Senin (26/8/2019) pagi tadi.

Siswadi, politisi asal Fraksi PDI Perjuangan, yang juga Ketua Sementara DPRD Kota Samarinda, mengaku bangga dan berbahagia atas terpilihnya Kaltim sebagai ibu kota negara.

"Sebagai warga negara dan wakil rakyat, saya sambut gembira, serta mengucapkan puji syukur atas pemindahan ibu kota negara ke Kaltim," ucapnya kepada Tribunkaltim.co, Senin (26/8/2019).

Dirinya menilai, dengan ditetapkannya Kaltim sebagai ibu kota negara yang baru, akan banyak berdampak positif bagi pembangunan di Kaltim serta pulau Kalimantan.

Mulai dari perekonomian, dunia usaha, hingga tenaga kerja dan berbagai dampak positif lainnya.

"Samarinda tentu juga akan berdampak, walaupun lokasi ibu kota berada di PPU dan Kukar. Banyak efeknya, mulai dari perekonomian, sektor usaha akan semakin berkembang dengan pesat," jelasnya.

Dengan Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota negara, juga bakal membutuhkan banyak tenaga kerja, terutama di sektor pemerintahan dan bidang lainnya yang mendukung Pemerintah Pusat.

"Dengan pusat pemerintahan negara di Kaltim, pasti membutuhkan dan menyerap banyak tenaga kerja, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga kerja di bidang lainnya," ungkapnya.

Halaman
1234
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved