Ibu Kota Baru

Presiden Joko Widodo Sebut Pemindahan Ibu Kota RI Bukan Satu-satunya Atasi Kesenjangan di Indonesia

Kenapa di Kalimantan Timur? Risiko bencana minim gempa, bencana banjir, tidak Tsunami, tidak ada gunung berapi, tak kebakaran hutan, lokasi strategis.

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Selama ini Jakarta dikenal memiliki banyak persoalan seperti banjir, macet kendaraan bermotor. Hal ini bukan karena kesalahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dianggap tidak bisa tangani permasalahan. 

Demikian disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, dalam jumpa pers mengenai pengumuman pemindahan ibu kota baru di Istana Negara, Jakarta pada Senin (26/8/2019) siang, yang disiarkan live streaming Kompas TV. 

Dia menjelaskan, keberadaan ibu kota negara memilih di Kalimantan Timur, lokasinya berada di sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Kesan selama ini Jakarta, sudah ruwet, banyak beban. 

Kesenjangan antara pulau jawa dan Jakarta dengan luar jawa pun terjadi sangat mencolok, berharap dengan adanya pemindahan ibu kota Indonesia ini mengurangi kesenjangan. 

"Kesenjangan Jawa dan luar Jawa terus meningkat meski sudah dilakukan otonomi daerah," ujar Presiden Joko Widodo.

Pemerintah telah lakukan kajian mendalam, intensifkan studi tiga tahun lalu dan hasilnya lokasi ibu kota baru RI palong idela ada di Kalimantan Timur

"Kenapa di Kalimantan Timur? Risiko bencana minim gempa, bencana banjir, tidak Tsunami, tidak ada gunung berapi, minim kebakaran hutan, lokasi strategis berada di tengah Indonesia yang ketiga berdekatan dengan wilayah perkotaan Balikpapan dan Samarinda. 

Menurut Presiden Joko Widodo, keberadaan ibu kota negara ini nantinya bukan berarti akan mengurangi kesenjangan di Indonesia. 

"Pembangunan ibu kota baru ini bukan satu satunya mengurangi kesenjangan di luar Jawa, karena akan bangun industri hilirisasi sumber daya alam," ujarnya. 

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved