Ibu Kota Baru

Gubernur Kaltim Isran Noor Beberkan Muara Jawa dan Sepaku jadi Titik Lokasi Ibu Kota Negara RI

Secara geografis, Semoi merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Gubernur Kaltim Isran Noor Beberkan Muara Jawa dan Sepaku jadi Titik Lokasi Ibu Kota Negara RI
Tribunkaltim.co/Fachmi Rachman
Kawasan Samboja Kuala, Kalimantan Timur tampak dari udara, Selasa (27/8/2019). Kawasan kelurahan yang menjadi pusat pemukiman setelah kelurahan Seluang dan Kecamatan Muara Jawa, Samboja Kuala tidak lepas dari incaran investor yang mencari lahan untuk investasi. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Setelah Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU), Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kuktai Kartanegara disebut oleh Gubernur Kaltim Isran Noor sebagai salah satu kecamatan yang juga masuk sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN).

"Diantara tiga kecamatan, Samboja, Muara Jawa, Sepaku," jawab Gubernur Kaltim Isran Noor saat ditanya Tribunkalim.co mengenai lokasi IKN yang akan dibangun.

Kala itu Gubernur Kaltim Isran Noor setiba lawatannya dari Jakarta, pada Selasa (27/8/2019), pukul 17.30 Wita, di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur

"Sepaku di sekitar Semoi," lanjutnya menegaskan.

Secara geografis, Semoi merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Artinya, selain Samboja dan Sepaku, ada satu kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang juga masuk dalam radar pemerintah pusat untuk dijadikan IKN, yakni Kecamatan Muara Jawa.

Awal pembangunan sendiri, dibeberkan Isran akan membutuhkan lahan seluas antara 3 ribu sampai 4 ribu hektare.

Dimana, lahan tersebut nantinya akan dibangun pusat pemerintahan negara.

Seperti, istana negara, gedung departemen, kementrian dan gedung parlemen. Namun, ditanya soal lokasi, Isran enggan untuk mengungkapkan.

"Istana di antara dua kabupaten itu lah," ujarnya singkat saat ditanya istana negara akan dibangun di kabupaten mana sembari menjelaskan belum ada lokasi pastinya nanti.

Halaman
1234
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved