Ibu Kota Negara

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Lahan Tahura di Desa Semoi II Sepaku Capai 1.000 Hektar

Berdasarkan data dari Bappenas,perbatasan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berada di Kecamatan Sepaku.

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Lahan Tahura di Desa Semoi II Sepaku Capai 1.000 Hektar
Kolase Tribunkaltim.co
Peta lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia di Kalimantan Timur dan foto jalan tol di kawasan Bukit Soeharto Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya mengumumkan lokasi calon Ibu Kota Negara yang baru atau Ibu Kota Indonesia di Kaltim, yakni ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Pengumuman dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Pemerintah sudah melakukan kajian intensif dan mendalam sejak tiga tahun lalu. Dan hasil kajian menyimpulkan lokasi ideal untuk ibu kota negara ada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanegara," sebut Jokowi di depan puluhan wartawan cetak dan elektronik saat konferensi pers tentang pemindahan ibu kota negara di Istana Negara.

Jokowi pun menyebut setidaknya ada lima keunggulan yang dimiliki Kaltim. Pertama Kaltim merupakan daerah yang risiko bencananya paling minimal. Baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi dan tanah longsor.

Keunggulan kedua, lokasi yang ditawarkan Kaltim sangat strategis berada di tengah-tengah Indonesia. Keunggulan ketiga, lokasi yang diusulkan berada di antara dua kota yang sudah berkembang lebih dulu, yakni Samarinda dan Balikpapan.

Kaltim juga dinilai memiliki infrastruktur yang relatif lengkap. Ini menjadi keunggulan keempat yang dimiliki Kaltim.

Presiden Joko Widodo khirnya mengumumkan lokasi calon ibu kota negara yang baru, yakni di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Pengumuman dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (26/8/2019).
Presiden Joko Widodo khirnya mengumumkan lokasi calon ibu kota negara yang baru, yakni di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Pengumuman dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (26/8/2019). (HUMASPROV KALTIM)

"Dan keunggulan yang kelima, telah tersedia lahan yang dikuasai pemerintah, karena lahan yang ditawarkan adalah lahan milik negara seluas 180 ribu hektar," ulas Jokowi meyakinkan.

Lalu di mana lokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)?

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas),perbatasan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berada di Kecamatan Sepaku.

Namun tidak semua desa/kelurahan yang berada di Kecamatan Sepaku yang berbatasan dengan Kukar, karena sebagian lagi berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Untuk perbatasan itu ada tiga, Sepaku dengan Loa Kulu dan Sepaku dengan Loa Janan serta Sepaku dengan Samboja.

Peta Kalimantan Timur titik lokasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara dan lokasi kawasan Samboja Kabupaten Penajam Paser Utara yang disorot sebagai lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia.
Peta Kalimantan Timur titik lokasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara dan lokasi kawasan Samboja Kabupaten Penajam Paser Utara yang disorot sebagai lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia. (Kolase Tribunkaltim.co)
Halaman
123
Penulis: Samir Paturusi
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved