Ibu Kota Negara

Ibu Kota Negara ke Kaltim, Wabup Berau: Jangan Pindahkan Masalah Jakarta ke Kalimantan Timur

sebagai daerah penyangga, wilayah Berau akan terdampak terhadap pemindahan ibu kota ini, salah satunya dari sektor pariwisata.

Ibu Kota Negara ke Kaltim, Wabup Berau: Jangan Pindahkan Masalah Jakarta ke Kalimantan Timur
Tribunkaltim.Co/geafry Necolsen
Sebagai daerah penyangga, pemindahan ibu kota negara di ke Kalimantan Timur akan berdampak positif terhadap pengembangan sektor pariwisata dan pengembangan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Berau lainnya. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kutai Kartanegera dan Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,

saat ini tengah ramai jadi perbincangan di mana-mana, termasuk masyarakat di Kabupaten Berau, yang masih dalam satu daratan.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo yang juga sarjana planologi sekaligus Master Business dari universitas di Melbourne, Australia ini mengatakan,

sebagai daerah penyangga, wilayah Berau akan terdampak terhadap pemindahan ibu kota ini, salah satunya dari sektor pariwisata.

“Kalau ibu kota jadi dipindahkan, tempat liburannya di mana? Pasti ke Berau. Mereka liburan ke Pulau Derawan, ke Pulau Maratua,” kata Agus kepada Tribunkaltim.co, Rabu (27/8/2019).

Namun Agus Tantomo berharap, jika ibu kota benar-benar dipindahkan, konsep ibu kota tidak lagi seperti Jakarta, yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian dan bisnis.

“Karena Jakarta itu salah desain, Jakarta menjadi ibu kota, jadi pusat bisnis dan pemerintahan, semua jadi satu,” ujarnya.

Agus Tantomo berharap, pemindahan ibu kota negara diikuti dengan aturan ketatanegaraan yang baru. Agus mengatakan, ibu kota negara harusnya diikuti dengan desentralisasi pemerintahan.

“Setiap persoalan yang ada di daerah, harus bisa diselesaikan di daerah, sehingga tidak perlu lagi pejabat daerah datang ke ibu kota.

Kalau apa-apa masih harus tetap diurus di ibu kota, ya semua orang akhirnya datang ke ibu kota. Karena banyak orang datang, akhirnya ramai-ramai bangun mall, bangun hotel dan sebagainya.

Halaman
1234
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved