Kebakaran di Jalan Mulawarman, Sepinggan, Balikpapan Selatan Diduga Berasal Dari Korsleting Listrik

Bangunan rumah toko (Ruko) yang terletak di jalan poros Mulawarman, Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan dinihari tadi terbakar.

Kebakaran di Jalan Mulawarman, Sepinggan, Balikpapan Selatan Diduga Berasal Dari Korsleting Listrik
Tribunkaltim.Co/zainul
Kondisi bangunan ruko yang dijadikan konter pulsa dan warung makan di Jl. Mulawarman usai di lahap api terlihat rata dengan tanah. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bangunan rumah toko (Ruko) yang terletak di jalan poros Mulawarman, Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan dinihari tadi terbakar.

Kebakaran itu diketahui mulai terjadi sekira pukul 03:40 Wita, Selasa (27/8).

Menurut sejumlah saksi mata yang melihat, api yang membakar bangunan rumah toko (ruko) yang dijadikan sebagai konter pulsa dan warung makan itu,

berasal dari kabel listrik yang bersentuhan langsung dengan atap rumah.

Kemudian kabel tersebut mengeluarkan percikan api yang  menimbulkan kebakaran.

"Kayanya itu dari kabel listrik warna hitam di atas atap itu, soalnya saya lihat langsung dari kabel itu ada percikan api kayakl korek gas gitu, kemudian dia menyala sedikit saja, lalu membesar," kata Suyono (40) saksi mata

Sementara itu, Sujono (34) warga sekitar juga mengaku sempat melihat percikan api menyerupai kilat berasal dari salah satu kabel listrik warna hitam yang membentang di bagian atas atap rumah.

"Tadinya ada muncul kaya kilat-kilat gitu saya pikir ada apa perasaan tidak ada awan tebal kalau pertanda hujan, begitu saya keluar ternyata ada api sudah menyala dari kabel hitam," jelasnya

Sebelumnya, bangunan rumah makan dan konter pulsa di Jalan Mulawarman, RT 02. No. 15 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, terbakar sekira pukul 03:40 Wita, Selasa (27/8).

Belum diketahui secara jelas sumber api dari mana, hanya saja berdasarkan penuturan saksi mata yang juga pemilik konter, api bersal dari atap rumah kemudian dengan cepat membesar hingga akhirnya sulit dikendalikan.

Petugas pemadam kebakaran dari BPBD kota Balikpapan melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran Jl. Mulawarman, Kelurahan Sepinggan, RT. 02, Kecamatan Balikpapan Selatan.
Petugas pemadam kebakaran dari BPBD kota Balikpapan melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran Jl. Mulawarman, Kelurahan Sepinggan, RT. 02, Kecamatan Balikpapan Selatan. (Tribunkaltim.Co/HO/info bencana)

" Kita juga belum tahu api dari mana, tiba-tiba muncul dari atap," kata Andre (20) saksi mata yang juga pemilik  konter

"Saat kejadian, kita sedang tertidur lelap jadi tidak tahu ada kebakaran, tahunya panas gitu aja ternyata ada di atap sudah menyala, saya dan teman langsung lari ke luar minta pertolongan," lanjutnya

Kobaran api baru berhasil dipadamkan pada pukul 04:20 Wita,  setelah petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kota Balikpapan bersama unsur relawan tiba di tempat kejadian perkara (TKP) dengan mengerahkan 4 unit armada pemadam.

Informasi sementara, akibat kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja kerugian material yang diperkirakan cukup banyak. (*)

Penulis: Zainul
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved