Berita Pemprov Kalimantan Timur

Dewan Minta Pemprov Kaltim Perhatikan Pelosok, Masyarakat Masih Butuh Fasilitas Kesehatan

Menurutnya, pembangunan kesehatan tidak hanya soal perbaikan fisik bangunan saja melainkan juga harus diperhatikan

Dewan Minta Pemprov Kaltim Perhatikan Pelosok, Masyarakat Masih Butuh Fasilitas Kesehatan
HUMAS DPRD KALTIM
Marthinus, Anggota DPRD Kaltim. 

SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Marthinus mengatakan pemerintah harus memperhatikan pembangunan peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi warga pelosok, karena hingga saat ini masih menjadi persoalan utama masyarakat.

“Ketika mencermati pembangunan daerah, masih menyisakan beberapa kendala yang belum bisa dituntaskan. Yakni, masyarakat di pelosok masih menghadapi kesulitan karena minimnya alat dan jaringan transportasi menuju puskesmas atau fasilitas kesehatan,” sebut Marthinus.

Menurutnya, pembangunan kesehatan tidak hanya soal perbaikan fisik bangunan saja melainkan juga harus diperhatikan adalah bagaimana kemudahan masyarakat untuk menjangkau sarana kesehatan tersebut, ini penting karena berkaitan erat dengan efisiensi.

Ia mencontohkan, misalnya daerah pelosok di Kutai Barat (Kubar) yang antara desa satu dengan lainnya harus melalui waktu panjang karena harus melalui jalan darat dan harus menyeberang dengan longbut atau speed sehingga mengeluarkan biaya yang cukup tinggi.

Selain itu belum meratanya penyebaran dokter, perawat dan bidan terutama pada daerah terpencil atau perbatasan serta masih minimnya fasilitas dan insentif yang tidak memadai menuju daerah terpencil bagi tenaga kesehatan juga masih PR bagi pemerintah.

“Masih terbatasnya fasilitas alat kesehatan, penunjang medis serta fasilitas sarana dan prasarana kesehatan di pelosok atau daerah terpencil harusnya menjadi bentuk pelayanan dasar bagi masyarakat luas baik di perkotaan maupun daerah pelosok,” ucap Marthinus.

Politikus asal PDI itu meminta agar pemerintah lebih meningkatkan perhatiannya serta membuat kebijakan dan program kegiatan yang lebih fokus, terencana dan terpadu dengan kebijakan serta program kegiatan peningkatan layanan kesehatan. (advertorial/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved