Ibu Kota Baru

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Perkantoran Pemerintah di Jakarta akan Disulap Jadi Ruang Terbuka Biru

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, bekas gedung dan Perkantoran tersebut juga akan dimanfaatkan untuk komersil atau dipakai untuk kegiatan bisnis.

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Perkantoran Pemerintah di Jakarta akan Disulap Jadi Ruang Terbuka Biru
Tribunnews.com
ILUSTRASI - Gedung Istana Negara di Jakarta. Fotografer Tribunnews Deny Permana tengah mengarahkan gaya Presiden Joko Widoda saat sesi foto di Istana Negara. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah resmi umumkan Ibu Kota Indonesia di Kaltim atau Kalimantan Timur.

Tentu saja pemindahan ibu kota ini, dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan sisakan gedung-gedung Perkantoran pemerintahan di Jakarta yang tidak mungkin dibawa juga ke Kalimantan Timur

Pastinya Perubahan akan terjadi di Jakarta setelah memang benar-benar Ibu Kota Indonesia di Kaltim.  

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa bekas gedung dan Perkantoran milik pemerintah pusat di Jakarta akan digunakan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) setelah ibu kota pindah ke Kalimantan Timur.

Selain untuk RTH, kata Anies Baswedan, bekas gedung Perkantoran akan dimanfaatkan untuk ruang terbuka biru (RTB) yang akan dibuatkan kolam.

"Kita berharap bahwa salah satu rencana pemanfaatan bukan untuk terbuka hijau saja, tapi juga ruang terbuka biru saja. artinya untuk taman, kolam air. Kita berharap bisa terjadi," ujar Anies Baswedan, di Gelanggang Remaja, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2019).

Setelah Ibu Kota Pindah, Ibu Kota Indonesia di Kaltim, bekas gedung dan Perkantoran tersebut juga akan dimanfaatkan untuk komersil atau dipakai untuk kegiatan bisnis.

"Sebagian tentu akan diarahkan komersial. Tapi kalau semua jadi komersial, nanti manfaat bagi masyarakat akan terbatas. Kalau jadi ruang terbuka akan sangat bermanfaat sekali," kata dia.

Meski demikian, saat ini Pemprov DKI Jakarta belum memetakan gedung-gedung mana saja yang akan digunakan sebagai RTH, RTB, maupun kegiatan komersil.

Pasalnya, pemindahan tersebut juga belum dilakukan dan sekadar baru diumumkan.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved