Ibu Kota Baru

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Pakar Geografi dari UGM Ingatkan Tata Ruang Hingga Kebutuhan Primer

seluruh kebutuhan primer warga ibukota baru nantinya harus dipertimbangkan secara matang. Begitu pula pembagian ruang atau zona dalam kotanya.

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Pakar Geografi dari UGM Ingatkan Tata Ruang Hingga Kebutuhan Primer
kaskus.co.id
Ilustrasi - Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, SLEMAN - Sejumlah pakar pembangunan UGM menerima kunjungan rombongan Pemkab Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis (29/08/2019). 

Para akademisi ini turut memberikan masukan terkait persiapan pembangunan ibukota RI baru yang akan berlokasi di kabupaten tersebut.

Wakil Dekan 3 Fakultas Geografi UGM Dyah Rahmawati menyarankan agar pemerintah daerah bersama pemerintah pusat perlu mengkaji kebutuhan primer di wilayah calon ibu kota baru.

"Bagaimana sumber air, pangan, tata ruang hingga sumber daya manusianya itu harus siap dan mampu menopang aktivitas warga nantinya," kata Dyah usai pertemuan di Gedung Pusat UGM siang ini.

Menurut Dyah,seluruh kebutuhan primer warga ibu kota baru nantinya harus dipertimbangkan secara matang. Begitu pula pembagian ruang atau zona dalam kotanya. 

Sebab, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipindahkan, secara otomatis permintaan kebutuhan primer akan meningkat sangat signifikan.

"Kebutuhan ruang pemukiman, fasilitas umum, hingga ketersediaan pangan itu harus tersedia dan saling berkaitan," jelas Dyah.

Kabag Pembangunan Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara, Niko Herlambang memperkirakan akan ada 800 ribu hingga 1 juta warga pendatang saat ibukota baru sudah bisa ditempati.

Meskipun demikian, ia memastikan lonjakan migrasi yang tinggi tersebut tidak akan mengganggu kehidupan warga setempat.

"Saat ini warga Penajam Paser Utara berjumlah sekitar 178 ribu warga dengan luas wilayah 333.306 hektare. Jadi kalau penduduknya bertambah, warga asli di sana tidak akan tersingkir," jelas Niko.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved