Ibu Kota Baru

Ketersediaan Air dan Listrik di Ibu Kota Negara, Begini Tanggapan Gubernur Kaltim Isran Noor

Ibu Kota Negara Indonesia berada di daerah antara penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara

Ketersediaan Air dan Listrik di Ibu Kota Negara, Begini Tanggapan Gubernur Kaltim Isran Noor
Tribunkaltim.Co/jino Prayudi Kartono
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berikan sambutan kepada peserta Munas APPSI ke VI tahun 2019 di hotel Gran Senyiur, Rabu (28/8/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ibu Kota Negara Indonesia berada di daerah antara penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pemindahan ibu kota ini tidak serta-merta jadi dalam waktu cepat. Butuh proses yang panjang agar pemerintahan pusat negara langsung berjalan di area tersebut.

Pembangunan gedung pemerintahan akan dimulai pada tahun 2020 mendatang. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah pasokan listrik dapat menampung ibu kota sekaligus daerah lainnya di Kalimantan Timur?

Gubernur Isran Noor dengan santai menjawab ketika ditanya oleh awak media di kegiatan Munas APPSI ke VI tahun 2019 di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Rabu (28/8/2019).

Menurutnya pasokan energi listrik cukup untuk seluruh Kaltim termasuk ibu kota. Nanti jika pasokan listrik kurang memadai pemerintah akan menggunakan sumber daya alam yang ada di bumi Etam.

"Kita kan ada batu bara, minyak bumi, angin dan air bisa itu buat pasokan listrik. Yang jelas Belanda sudah lari," selorohnya di hadapan awak media.

Lalu untuk ketersediaan air bersih sudah direncanakan agar kebutuhan air bersih di ibu kota negara terpenuhi.

Ia mempercayakan bendungan dan aliran sungai yang berada terdekat di area ibu kota. Sebelumnya, Isran Noor memberikan sambutan dalam acara Munas APPSI ke VI tahun 2019 di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Munas ini membahas perancangan program, organisasi laporan pertanggungjawaban dan pemilihan pengurus.

Acara ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai 30 Agustus mendatang. 

Halaman
123
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved