Pelantikan Anggota DPRD Kaltara Periode 2019-2024 Bakal Diundur, Ini Alasannya

Terkait rencana perubahan jadwal tersebut, Pemprov Kalimantan Utara juga akan mengkomunikasikannya kepada Kemendagri dan Mahkamah Agung.

Tribunkaltim.co, M Arfan
Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Kaltara, Sanusi 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Jadwal pelantikan anggota DPRD Kalimantan Utara terpilih periode 2019-2024 kemungkinan diundur dari tanggal 2 September menjadi tanggal 9 September.

Rencana perubahan jadwal tersebut menyusul usulan Pengadilan Negeri (PN) Samarinda agar pelantikan diundur ke tanggal 4 September.

Asisten I Setprov Kalimantan Utara Sanusi menjelaskan, Pemprov Kalimantan Utara telah menerima surat PN Samarinda terkait ketidaksiapan Ketua PN Samarinda hadir di Tanjung Selor pada tanggal 2 September.

“Beliau, Pak Ketua PN Samarinda pada tanggal yang sama juga melantik anggota DPRD Kalimantan Timur. Adapun Wakil Ketua dan Hakim Tinggi Senior juga tengah melaksanakan tugas pengawasan,” sebut Sanusi di runag kerjanya, Kamis (29/8/2019).

Terkait rencana perubahan jadwal tersebut, Pemprov Kalimantan Utara juga akan mengkomunikasikannya kepada Kemendagri dan Mahkamah Agung.

“Apakah bisa digeser ke tanggal 4 atau tetap tanggal 2 September, kita akan komunikasikan dahulu,” sebutnya.

Lantas Surat Keputusan Pengangkatan Anggota DPRD Kalimantan Utara Periode 2019- 2024 sudah diteken Mendagri, Rabu (28/8/2019) kemarin.

Pemprov tengah mengutus staf untuk segara mengambil SK tersebut.

“Tadi malam, 35 anggota DPRD terpilih yang kita usulkan untuk pengangkatannya, SK-nya sudah ditandatangani Mendagri. Tinggal kita ambil,” sebutnya.

Jikalaupun dilaksanakan pelantikan pada tanggal 4 September, tidak akan mengurangi masa jabatan atau masa kerja anggota DPRD terpilih.

“Insyaa Allah kita akan umumkan jadwal pastinya akhir pekan ini, hari Sabtu atau hari Minggu. Pada intinya agenda agenda pelantikan itu kita siap saja,” ujarnya. 

Anggota DPRD Kaltara Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara akhirnya menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kalimantan Utara, Senin (22/7/2019) petang di Hotel Crown, Tanjung Selor, Bulungan.

Sebagaimana kuota DPRD sebanyak 35 kursi, KPU Kalimantan Utara menyebutkan nama-nama calon terpilih tersebut di hadapan para saksi dari partai politik, Bawaslu Kalimantan Utara, dan jajaran pemerintah daerah yang hadir.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved