Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Rakornas Aspeksindo di Bali, AGM: Indonesia Harus Jadi Poros Maritim Dunia

banyak potensi yang dapat dimanfaatkan pemerintah pusat dan pemda, melalu potensi perikanan dan potensi wisata dalam sektor kelautan ini.

Rakornas Aspeksindo di Bali, AGM: Indonesia Harus Jadi Poros Maritim Dunia
HUMASKAB PPU
Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya rakonas seta peringatan kedua hari jadi Asosiasi Pemerintah Daerah Kepualauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) digelar di Hotel Novotel Ngurah Rai Airport Bali, Denpasar, Senin (26/8/2019). Hadir Ketua Umum ASPEKSINDO Abdul Gafur Mas'ud yang juga Bupati PPU. 

DENPASAR - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepualauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) Abdul Gafur Mas'ud yang juga Bupati Penajam Paser Utara (PPU), menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) serta peringatan Hari Jadi ASPEKSINDO II yang berlangsung di Hotel Novotel Ngurah Rai Airport Bali, Denpasar, Senin (26/8/2019).

Turut hadir dalam Rakornas ASPEKSINDO, Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti RI Ali Ghufron Mukti dan perwakilan 40 kepala daerah dan wakil kepala wilayah pesisir, serta unsur satuan kerja terdiri dari kepala dinas kelautan dan perikanan kabupaten/kota se-Indonesia

AGM menjelaskan, ASPEKSINDO terbentuk dan dibentuk dengan tujuan untuk menangani permasalahan pemerintah daerah yang berada pada kepulaun dan pesisir, mengingat begitu banyak potensi yang dapat dimanfaatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, melalu potensi perikanan dan potensi wisata dalam sektor kelautan ini.

"Indonesia saat ini berpotensi sebagai salah satu negera dalam penyediaan pangan laut terbaik, dan banyaknya kepulauan yang tersebar di wilayah Indonesia dengan potensi lautnya baik ikan, objek wisata laut yang mungkin belum tersentuh secara khusus oleh pemerintah baik pusat dan daerah," katanya.

AGM menjelaskan, ASPEKSINDO dalam perannya mendukung program Nawacita pemerintah pusat dalam menuju SDM yang unggul, Indonesia Maju dengan menggagas percepatan pembangunan melalui wilayah pesisir yang sejalan dengan program pemerintah saat ini dalam penguatan pada sektor kemaritiman.

ASPEKSINDO ke depan akan terus berupaya melakukan langkah-langkah penguatan Indonesia dalam menuju poros maritim dunia, yang perwujudannya secara praktis dan lebih strategis, melalui penyiapan sumber daya manusia kemaritiman yang profesional, beretika, mampu berdaya saing, memahami pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan mengedepankan kepentingan nasional.

Ia juga mengajak anggota ASPEKSINDO untuk mampu memaksimalkan (Fish on) atau Rumpon, untuk meningkatkan hasil perikanan dan kelautan untuk wilayah pesisir di Indonesia yang bisa dilakukan di masing masing wilayah pesisir.

"Indonesia banyak memiliki potensi yang harus dikembangkan di daerah, kepulauan dan pesisir Indonesia agar mampu memberikan efek positif terhadap masyarakat kepulauan dan pesisir indonesia,” ucapnya. (Advertorial/Humas/Kominfo)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved