Prakiraan Cuaca

Kalimantan Timur Jarang Turun Hujan, Begini Prediksi BMKG Soal Musim Hujan Kabarnya Mundur

BMKG juga mengamati jumlah hotspot dalam sepuluh hari terakhir. Hasilnya, BMKG mencatat hotspot terbanyak terdapat di wilayah Riau sebanyak 644 titik

Kalimantan Timur Jarang Turun Hujan, Begini Prediksi BMKG Soal Musim Hujan Kabarnya Mundur
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
TURUN HUJAN - Peserta upacara melaksanakan Defile Pasukan usai pelaksanaan Upacara HUT ke 73 Bhayangkara di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (10/7/2019) pagi. Walau hujan, upacara masih tetap dilakukan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Belakangan hari ini kondisi di Kalimantan Timur jarang sekali terjadi guyuran hujan, termasuk di kota-kota besar di Kalimantan Timur.

Seperti di Kota Balikpapan dan Kota Samarinda

Guyuran hujan yang jarang terjadi ini, melanda sebagian besar di kabupaten kota di Kalimantan Timur, hingga akhirnya seperti di Kabupaten Berau pun terjadi rawan kebakaran lahan

Sampai kapan hujan akan datang lagi, masuk ke musim hujan?

Mengutip dari Kompas.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi, musim hujan di Indonesia akan terlambat sekitar 10 sampai 20 hari.

"Paling cepat musim hujan mulai Oktober, bahkan ada beberapa daerah yang baru hujan November," kata Kepala Subbidang Analisa dan Informasi Iklim BMKG, Adi Ripaldi saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jumat (30/8/2019).

Lebih lanjut Ia mengatakan, sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki puncak musim kemarau pada Agustus dan September 2019.

Nah, BMKG menyebutkan, sebagian daerah sentra padi antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat.

Ada Sulawesi Selatan, Lampung dan Sulawesi Selatan telah mengalami deret hari kering.

Atau hari tanpa hujan berturutan bervariasi antara satu sampai dua bulan, hingga lebih dari dua bulan.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved