Miliki Tekanan Darah Rendah, Perhatikan Ini Sebelum Olahraga

Sebagian orang melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga agar badan tetap fit dan tetap terjaga kesehatan.

Miliki Tekanan Darah Rendah, Perhatikan Ini Sebelum Olahraga
shutterstock
ilustrasi olahraga

TRIBUNKALTIM.CO-Sebagian orang melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga agar badan tetap fit dan tetap terjaga kesehatan.

Bahkan olahraga ini bertujuan untuk menjaga jantung dan tulang. Namun perlu diingat bahwa memiliki penyakit kronis maupun menderita penyakit, harus memperhatikan hal-hal bila ingin berolahraga. 

Sebelum memulai olahraga, kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kondisi darah rendah.

Dikutip dari laman livestrong.com yang dilansir dari Tribunstyle, darah rendah bisa disebabkan oleh diabetes, reaksi alergi, dan sakit jantung. Tekanan darah bisa turun saat kita berganti posisi dengan cepat.

Bila kondisi darah rendah seseorang mengkhawatirkan, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum memulai olahraga.

Secara umum, ada tiga hal penting yang perlu diketahui untuk berolahraga bagi seseorang yang miliki tekanan darah rendah.

Sebelum memulai program olahraga baru, penting untuk mengetahui penyebab tekanan darah rendah dengan benar.

Penyebab umum termasuk penyakit diabetes, reaksi alergi, penyakit jantung dan syok.

Saat berolahraga, lakukan tindakan pencegahan untuk membantu menstabilkan tekanan darah, karena tubuh membutuhkan darah untuk mencerna makanan, makan lebih sedikit sebelum berolahraga dapat membantu.

Institut Jantung, Paru-Paru dan Darah Nasional juga merekomendasikan perubahan posisi secara perlahan, seperti ketika berdiri setelah berbaring.

Halaman
1234
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved