Ibu Kota Baru

Kajian Bappenas Pemindahan Ibu Kota RI, Jakarta Itu Batavia dan Representasi Hindia Belanda

Nah, Batavia adalah bagian pembentuk Jakarta, tak bisa disamakan dengan Jakarta. Kini Ibu Kota Indonesia di Kaltim, diumumkan Presiden Joko Widodo.

Kajian Bappenas Pemindahan Ibu Kota RI, Jakarta Itu Batavia dan Representasi Hindia Belanda
Tribunkaltim.co/IG @Jokowi
Peta Pulau Kalimantan yang jelaskan lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam, diumumkan pada Senin (26/8/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kebijakan pemindahan ibu kota sudah lampu hijau, Presiden Joko Widodo berdasarkan kajian mendalam dari Bappenas memutuskan. 

Bahwa Ibu Kota Indonesia di Kaltim, atau Kalimantan Timur

Tindakan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur merupakan sejarah baru bagi masyarakat Indonesia dalam membentuk ibu kota baru yang benar-benar dibentuk orang Indonesia. 

Berbeda halnya dengan Jakarta, awal mula merupakan peninggalan Hindia Belanda

Mengutip dari Kompas.id, dalam Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara dari Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta adalah Batavia dan disebut representasi kepentingan Belanda, bukan rakyat Indonesia.

Hal ini menjadi salah satu alasan yang memperkuat Indonesia memerlukan ibu kota baru.

Alasan yang mengusik fakta sejarah karena di awal masa kemerdekaan, Presiden Soekarno membenahi dan membangun Jakarta untuk membersihkannya dari konotasi kolonial.

Nah, Batavia adalah bagian pembentuk Jakarta, tetapi tak bisa disamakan dengan Jakarta.

Monumen Nasional, populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas, adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Soekarno, dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved