Motor Listrik Trail Produk SDR, Ditargetkan Produksi Tahun Ini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar pameran produk kendaraan listrik di Pameran dan Parade Kendaraan Listrik di Monas,

Motor Listrik Trail Produk SDR, Ditargetkan Produksi Tahun Ini
TribunKaltim.Co/HO
Motor listrik Trail produk SDR 

TRIBUNKALTIM.CO-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar pameran produk kendaraan listrik di Pameran dan Parade Kendaraan Listrik di Monas, Sabtu  (31/8/2019) kemarin.

Dalam pameran ini, produsen motor listrik asal Bandung, Jawa Barat turut memamerkan produk SDR. Ia memajang sepeda motor jenis trail. 

Kendati masih berstatus purwarupa, sosoknya langsung menarik perhatian, sebab menjadi satu-satunya motor ''garuk tanah'' di gelaran tersebut.

Sedangkan yang lain mayoritas merupakan skutik.  " Motor ini masih prototipe dan belum dijual. Kapan keluarnya saya belum bisa pastikan. Tapi secepatnya, semoga tahun ini," kata Fahmi, bagian Riset dan Pengembangan SDR, kepada Kompas.com, Sabtu (31/8/2019).

Menariknya, karena merupakan karya anak bangsa, motor ini dibuat oleh SDR di fasilitas perakitan di Bandung, Jawa Barat. Mulai rangka, bodi dan komponen lain sudah dibuat secara lokal.

"Hanya tiga komponen yang kita masih impor, yaitu motor listrik, kontroler, dan sel baterainya. Tapi untuk baterainya sudah kami rakit sendiri," katanya.

Fahmi mengatakan, kendati motor listrik dan kontrolernya berasal dari China, tapi pihaknya pilih yang kualitas baik.

Pemilihan komponen dari China pun tak lepas dari hitung-hitungan bisnis, supaya harganya nanti masuk akal.

"Rangka lokal kita bikin, kita pesan ke bengkel langganan. Bodi juga lokal dan yang lainnya juga seperti itu. Jadi yang masih impor ya hanya tiga itu saja," kata Fahmi.

Motor listrik yang dipakai memiliki tenaga 5 Kw dan bisa digeber sampai kecepatan 100 kpj. Sedangkan baterainya berjenis yang terpasang saat ini memiliki spesifikasi baterai Lithium Ion, 72 Volt 30 Ah. 

Halaman
1234
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved