Berita Eksklusif

Kosmetik Racikan Dijual lewat Online Shop, Beredar di Kaltim tanpa Ada Sertifikasi BPOM

Kosmetik ilegal serta mengandung bahan berbahaya marak diperjualbelikan di Kota Samarinda dan beberapa daerah wilayah Kaltim.

Kosmetik Racikan Dijual lewat Online Shop,  Beredar di Kaltim tanpa Ada Sertifikasi BPOM
(TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO)
KOEMETIK ILEGAL - Ada sekitar 5.000 produk kosmetik ilegal diamankan dari pasaran yang beredar. Perlu diingat Pasal 197 UU Kesehatan Nomor 36/2009 menyatakan pengedar farmasi ilegal diancam 15 tahun kurungan penjara. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kosmetik ilegal serta mengandung bahan berbahaya marak diperjualbelikan di Kota Samarinda dan beberapa daerah wilayah Kaltim. Peredaran kosmetik ilegal saat ini dengan mudah bisa didapat cukup melalui media sosial.

Umumnya, pedagang kosmetik tersebut menjajakan dagangannya menggunakan media sosial mulai Facebook hingga Instagram, atau yang biasa disebut dengan online shop (Olshop). Dengan media sosial, pedagang kosmetik dapat menjangkau seluruh kalangan.

Rata-rata yang banyak dijual, kosmetik yang berfungsi memutihkan kulit. Biasanya disebut dengan handbody maupun lulur racikan.

Memiliki kulit yang putih memang jadi dambaan kaum hawa yang kerap mencari kosmetik jenis ini. Hal inilah yang membuat pengikut Olshop jumlahnya mencapai ribuan.

Saat memasarkan produk kosmetik, pedagang selalu memposting produk disertai harga, khasiat, dan testimoni konsumen yang telah menggunakan produk tersebut. Nyaris seluruh testimoni yang diposting berisi kepuasan atas produk tersebut.

Dengan banyaknya testimoni positif dari konsumen, hal itu dinilai dapat menarik perhatian konsumen lainnya untuk membeli produk kecantikan itu.

Kosmetik ilegal yang disita aparat di Samarinda dan Mahakam Ulu
Kosmetik ilegal yang disita aparat di Samarinda dan Mahakam Ulu (Tribunkaltim.co, Christoper Desmawangga)

Tribun Kaltim mencoba menelusuri pedagang-pedagang yang menjual kosmetik ilegal, atau menjual tanpa adanya sertifikat dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Tidak sulit mencari pedagang kosmetik di media sosial, bahkan mereka menawarkan secara terbuka produknya.

Salah satunya Olshop satu ini yang berada di Kota Tepian (Samarinda). Ketika ditanya mengenai produk yang dijualnya, salah seorang pedagang menanyakan terlebih dahulu jenis kulit si calon pembeli.

Layaknya seorang ahli, si pedagang sempat menanyakan beberapa pertanyaan, "Kulitnya sulit putih atau gampang putih?"

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved