Pesawat Ringan Jatuh di Filipina, 9 Penumpang Termasuk Pasien dan Tenaga Medis Tewas

-Sembilan penumpang pesawat ringan termasuk pasien dan tim medis dipastikan tewas, setelah jatuh di sebuah resor dekat Ibu kota Filipina

Pesawat Ringan Jatuh di Filipina, 9 Penumpang Termasuk Pasien dan Tenaga Medis Tewas
TribunKaltim.Co/HO/AFP PHOTO / STR
Petugas pemadam kebakaran memeriksa lokasi jatuhnya pesawat ambulans di kota Calamba, Filipina, Minggu (1/9/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO-Sembilan penumpang pesawat ringan termasuk pasien dan tim medis dipastikan tewas, setelah jatuh di sebuah resor dekat Ibu kota Filipina, Minggu (1/9/2019) kemarin.

Pesawat  yang jatuh tersebut merupakan pesawat ambulans yang membawa pasien dan tim medis. 

Menurut otoritas penerbangan Filipina, pesawat ambulans itu berangkat dari kawasan selatan negara dan hendak menuju Manila.

Namun pesawat hilang dari radar sekitar 46 kilometer dari ibu kota. Sebuah rekaman video menunjukkan saat kendaraan darurat menuju lokasi jatuhnya pesawat, dengan gedung yang terbakar di kota Calamba.

Petugas terlihat memerintahkan warga untuk menjauhi lokasi insiden demi keselamatan mereka. Setelah kobaran api dapat dipadamkan,

tim penyelamat menemukan sembilan jenazah yang berada di reruntuhan pesawat yang masih berasap, diyakini merupakan penumpang dari pesawat ringan King Air 350 yang jatuh.

"Tidak ada penumpang yang dapat selamat dari kecelakaan ini. Kami berasumsi seluruh penumpang pesawat yang telah dikonfirmasi tewas dalam kecelakaan," kata petugas darurat setempat, Jefrey Rodriguez, kepada AFP, dilansir dari Kompas.Com.

Sementara petugas polisi mengatakan ada setidaknya dua orang di darat yang terluka akibat terkena serpihan pesawat atau gedung dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Belum ada laporan lain, termasuk korban jiwa yang mungkin ada di wilayah jatuhnya pesawat. Lokasi tempat jatuhnya pesawat dilaporkan merupakan kawasan resor yang tengah ramai dengan pengunjung, selama bulan yang panas.

Kecelakaan pesawat ringan yang mematikan bukan hal yang jarang terjadi di Filipina, di mana banyak moda transportasi itu yang digunakan untuk berpindah antarpulau.

Sebelumnya pada Maret 2018 lalu, sebanyak 10 orang tewas ketika sebuah pesawat jatuh usai lepas landas dari kota Plaridel, dekat dengan Manila.

Korban tewas merupakan penumpang pesawat ditambah empat orang lainnya yang berada di lokasi jatuhnya pesawat. (*)

Baca Juga

Pesawat Jatuh di Indramayu, Penyelam Dikerahkan Cari Korban dan Satu Orang Ditemukan Selamat

Ungkap Data Black Box, KNKT Sebut Masalah Saat Pesawat Jatuh Sudah Ada pada Penerbangan Sebelumnya

KNKT: Mesin Lion Air PK-LQP JT 610 Masih Hidup Pesawat Jatuh di Permukaan Laut

Aturan Terbaru, Ini Jenis Laptop Dilarang Masuk ke Pesawat Garuda Indonesia, Baterai Mudah Terbakar

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved