Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Resmikan Gereja Katolik Santo Yohanes di Datah Bilang Baru

Bupati bersama rombongan mengikuti prosesi adat oleh tokoh adat Datah Bilang Baru, yang bermaknakan selamat datang.

Bupati Resmikan Gereja Katolik Santo Yohanes di Datah Bilang Baru
HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH bersama Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF menggunting pita tanda peresmian Gereja Katolik Santo Yohanes Kampung Datah Bilang Baru, Kecamatan Long Hubung, Kamis (29/8/2019). 

UJOH BILANG - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH meresmikan Gereja Katolik Santo Yohanes Kampung Datah Bilang Baru, Kecamatan Long Hubung, Kamis (29/8/2019).

Tiba di halaman gereja, Bupati bersama rombongan mengikuti prosesi adat oleh tokoh adat Datah Bilang Baru, yang bermaknakan selamat datang.

Acara dilanjutkan penandatangan prasasti serta pemotongan pita oleh Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH dan Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF.

Usai pemotongan pita, Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF memberkati gereja dengan air suci, dilanjutkan misa bersama umat katolik Kampung Datah Bilang Baru.

Dalam sambutannya, Bupati Bonifasius Belawan Geh mengucapkan selamat untuk seluruh umat Katolik Kampung Datah Bilang Baru, yang bersukacita atas peresmian dan pemberkatan Gereja St. Yohanes.

"Atas nama pribadi dan pemerintah saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setulus-tulusnya pada panitia pembangunan, jemaat dan seluruh pihak yang terkait dalam penyelesaian pembangunan gereja ini, diberkatilah segala kerja keras serta kerjasama kita semua dalam perjuangan memajukan daerah kita tercinta,"ucapnya.

Bupati berharap, dengan diresmikannya Gereja St. Yohanes ini dapat memperkokoh iman umat Katolik, dan selalu mengamalkan serta menebar cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga apa yang telah kita upayakan bersama ini dapat meningkatkan semangat hidup menggereja serta menunjang pertumbuhan religius masyarakat ditempat ini,"ungkapnya.

Di akhir sambutan, tak lupa Bupati berpesan agar masyarakat selalu menjunjung tinggi rasa toleransi terhadap umat beragama, serta menyaring terlebih dahulu isu-isu yang beredar di media sosial.

"Di sinilah peran Gereja dalam memperkokoh toleransi antar umat beragama dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan,"jelas Bupati.

Di kesempatan ini juga, Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF berterimakasih atas perhatian Pemkab Mahulu yang sudah membantu umat katolik Kampung Datah Bilang Baru mendirikan tempat ibadah yang baik dan tentunya nyaman, juga peran serta masyarakat bahu-membahu dalam proses pembangunan.

"Selanjutnya ini menjadi tugas dan tanggung jawab umat untuk memelihara dan menggunakan Gereja ini dengan sebaik-baiknya, dengan pemberkatan berarti Gereja adalah tempat yang suci dan kudus, dan juga Pemkab Mahulu sangat memperhatikan tempat ibadah, hari ini saya memberkati Gereja ini dan awal Oktober nanti akan memberkati 3 Gereja di Paroki Kampung Long Pahangai,"ungkap Uskup.

Bupati menyerahkan bantuan berupa uang tunai untuk Gereja St. Yohanes Datah Bilang Baru, yang diterima Ketua Panitia Lasarus Tingang. Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Mahulu Drs. Yohanes Avun,M.Si, Ketua TP. PKK Kabupaten Yovita Bulan Bonifasius, Anggota DPRD Mahulu, Camat Long Hubung serta Kapolsek Long Hubung. (Hms11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved