Berita Pemkab Mahakam Ulu

Petinggi Diminta Segera Berkoordinasi Penyelesaian Kegiatan dan Akselerasi Daya Serap Anggaran

Para petinggi harus segera berkoordinasi dengan BPK bersama perangkat kampung menyusun APB Kampung

Petinggi Diminta Segera Berkoordinasi Penyelesaian Kegiatan dan Akselerasi Daya Serap Anggaran
HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh berfoto bersama usai membuka Rakor Tenaga Pendamping Kampung Program Daerah GERBANGMAS Kabupaten Mahulu di Kecamatan Long Bagun, Rabu (28/8/2019). 

UJOH BILANG - Para petinggi harus segera berkoordinasi dengan BPK bersama perangkat kampung menyusun APB Kampung. Melakukan percepatan penyelesaian kegiatan dan daya serap serta penyusunan akuntansi laporan keuangan Semester II.

Pesan tersebut disampaikan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH saat membuka Rapat Koordinasi Tenaga Pendamping Kampung Program Daerah Gerakan Pembangunan Masyarakat Adil Sejahtera (GERBANGMAS) Kabupaten Mahulu di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Long Bagun, Rabu (28/8/2019).

"Berdasarkan RKP Kampung, Petinggi berkoordinasi dengan BPK setempat sekaligus menggerakkan perangkat kampung untuk melakukan tiga kegiatan penting secara simultan,"tegas Bupati.

Yang pertama, lanjut Bupati menyusun APB Kampung sesuai RKP Kampung dengan target bahwa APB Kampung sudah disahkan pada pertengahan Desember lengkap dengan dokumen pendukungnya.

Selanjutnya melakukan percepatan penyelesaian kegiatan dan akselerasi daya serap anggaran semester II dengan tetap berpedoman pada ketentuan tentang tata usaha anggaran yang akuntabel dan terukur.

Terakhir, melakukan penyusunan akuntansi laporan keuangan semester II secara bertahap. Tujuannya untuk mengurangi beban kerja dan tekanan waktu di akhir tahun anggaran.

Bupati juga mengingatkan bahwa APB Kampung tahun anggaran 2019 sudah ditutup pada 20 Desember 2019. Sejak itu, tidak ada lagi program dan kegiatan kampung yang masih berjalan. Buku ditutup, kegiatan berhenti. Berita acara serah terima barang dan jasa harus diterbitkan sesuai dengan fakta progres fisik di lapangan.

"Dan untuk APB Kampung tahun anggaran 2020 harus sudah disahkan pada pertengahan desember, lengkap dengan seluruh dokumen penunjangnya,"tegas Bupati. (HMS8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved