Berita DPRD Kalimantan Timur

Setelah Dilantik, DPRD Katim Gelar Rapat Perdana, Membentuk 8 Fraksi dan 3 Pokja Ini

Tugas pertama pimipinan sementara telah dilaksanakan dengan berjalannya rapat perdana tersbut. Sementara, tugas ke dua telah terlaksana.

Setelah Dilantik, DPRD Katim Gelar Rapat Perdana, Membentuk 8 Fraksi dan 3 Pokja Ini
HUMAS DPRD KALTIM
Anggota DPRD Kaltim melakukan rapat perdana setelah dilantik. Rapat dipimpin Ketua Sementara DPRD Kaltim Makmur HAPK, dan didampingi Waki Ketua Sementara DPRD Kaltim Muhammad Samsun, dengan agenda membahas kegiatan kedewanan seperti rencana pembentukan tatib dan fraksi, Selasa (3/9/2019). 

SAMARINDA - Sehari setelah dilantik, Anggota DPRD Kaltim langsung menggelar rapat perdana mebahas kerja-kerja kedewanan pada Selasa (3/9/2019). Dalam rapat tersebut disepakati untuk dibentuk fraksi dan kelompok kerja (pokja).

Ketua DPRD Kaltim sementara Makmur HAPK selaku pimpinan rapat dan didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim sementara Muhammad Samsun mengatakan, mengacu pada PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman tata tertib DPRD,

“Jadi, tugas pimpinan DPRD sementara mencakup, memimpin rapat DPRD, menfasilitasi pembentuk fraksi, memfasilitasi pembahasan rancangan tata tertib (tatib) dewan, dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif,” sebut Makmur.

Tugas pertama pimipinan sementara telah dilaksanakan dengan berjalannya rapat perdana tersbut. Sementara, tugas ke dua telah terlaksana.

“Dari 10 partai politik yang menempatkan anggotanya di legislatif, telah terbentuk delapan fraksi. Sementara untuk tugas ke tiga, kami sepakati agar dibentuk tiga pokja, yakni pokja tatib, pokja internal dan pokja eksternal,” terang Makmur.

Dalam pembentukan fraksi kata dia, pembentukan tersebut belum pada tahap penetapan struktur dalam fraksi. Sehingga,tidak dibutuhkan keterlibatan pimpinan partai politik.

“Untuk pembentukan struktur fraksi, kami meminta Sekretaris dewan bersurat resmi kepada pimpinan partai politik guna menetapkan nama-nama dalam struktur fraksi yang telah ada,” jelasnya.

Sementara itu, dalam fungsi memfasilitasi pembahasan rancangan tatib dewan. DPRD Kaltim sepakat untuk membentuk tiga kelompok kerja (pokja), yakni pokja tatib, pokja internal dan pokja eksternal.

“Pokja ini nantinya akan melakukan konsultasi ke pusat terkait pembahasan tatib dan hal penting lainnya sebelum ditetapkan,” jelas Politikus Golkar ini.

Dari hasil konsultasi pokja tersebut lanjut dia, baru dewan akan menetapkan tatib melalui paripurna. Sehingga, tatib itu menjadi acuan dewan dalam menetapkan Ketua DPRD Kaltim definitif.

“Insya Allah, secepatnya kita akan tetapkan ketua dewan yang definitif sehingga kerja-kerje kedewanan dapat berjalan lancar,” kata Makmur.

Adapun fraks-fraksi yang telah terbentuk, yakni Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi PKB-Hanura, Fraksi PPP, Fraksi PKS, dan Fraksi Demokrat-Nasdem. (adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved