Karantina Pertanian Sukses Dampingi Agro Gemilang, Kaltim Ekspor 10Ribu Ton Cangkang Sawit ke Jepang

Kepala Karantina Pertanian Balikpapan, Abdul Rahman melepas ekspor perdana 10 ribu ton cangkang sawit ke Jepang senilai Rp. 10,7 miliar.

HO/ Balai Karantina Balikpapan
Kegiatan akselerasi Ekspor Komoditas Pertanian dan Bimbingan Teknis Pencucian Sarang Burung Walet, Rabu (4/9/2019) di Tana Paser, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Karantina Pertanian Sukses Dampingi Agro Gemilang, Kaltim Ekspor 10Ribu Ton Cangkang Sawit ke Jepang

Kepala Karantina Pertanian Balikpapan, Abdul Rahman melepas ekspor perdana 10 ribu ton cangkang sawit ke Jepang senilai Rp. 10,7 miliar.

Cangkang, sebagai produk samping ini merupakan komoditas ekspor baru di Kaltim.

Sebelumnya cangkang sawit hanya menjadi komoditas domestik menuju Surabaya dan Semarang, yang selanjutnya juga diekspor.

"Alhamdulilah, pendampingan Agro Gemilang oleh Karantina Pertanian Balikpapan mulai menuai hasil hari ini.

Cangkang sawit Kaltim dapat lolos standard ekspor, ke depan semoga SBW dapat segera menyusul," ujarnya.

Untuk diketahui, jalan memasuki pasar ekspor SBW, khususnya China harus memiliki sertifikat dari CNCA atau Badan Sertifikasi dan Adminitrasi Akreditasi Cina.

Selain itu juga harus memenuhi tiga syarat utama. Yakni memiliki dokumen ketelusuran, kandungan nitrit < 30 ppm dan harus melalui proses pemanasan 70 derajat celcius selama 3,5 detik.

BACA JUGA

Demo di Kejati Kaltim, FAM Kaltim Tanyakan Kasus Mantan Bupati Berau Terkait Izin Perkebunan Sawit

Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Dianggap Ancaman Bagi Petani dan Pengepul Sawit di Sepaku Penajam

Selain Soal WNI Terjerat Hukum, Jokowi Ajak Malaysia Lawan Eropa Soal Diskriminasi Sawit

"Jika hal ini sudah dapat memenuhi persyaratan teknis ini maka dapat dipastikan produk SBW Kaltim dapat juga diterima di pasar ekspor negara lain seperti USA, Hongkong, Korsel dan lainnya yang lebih longgar dari China aturannya," jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Paser, H. Kaharuddin yang turut hadir dan melepas ekspor menyampaikan apresiasi terhadap pembangunan pertanian dari Kementan di wilayah kerjanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved