Breaking News

BREAKING NEWS Kebakaran Hutan dan Lahan di Lokasi Ibu Kota Baru RI Bertambah 1 Hektar

Susah ditembus, lokasi ini di Penajam Paser Utara yang merupakan lokasi ibu kota baru Republik Indonesia di Kalimantan Timur.

BREAKING NEWS Kebakaran Hutan dan Lahan di Lokasi Ibu Kota Baru RI Bertambah 1 Hektar
TribunKaltim.Co/Heriani AM
Luasan area pada kebakaran hutan dan lahan atau karthutla pada RT 12 Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Luasan area pada kebakaran hutan dan lahan atau karthutla pada RT 12 Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur bertambah.

Berdasarkan laporan BPBD Penajam Paser Utara kepada Tribunkaltim.co, pertambahan kebakaran hutan tersebut adalah 1 hektare sehingga totalnya kini kebakaran hutan dan lahan di Penajam Paser Utara adalah 6 hektar.

"Sehari sebelumnya hanya 5 hektare saja, sekarang sudah 6 hektar," Kasubid Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara, Nurlaila kepada Tribunkaltim.co pada Kamis (5/9/2019) siang. 

Soal kebakaran hutan dan lahan, berdasarkan catatan BPBD Penajam Paser Utara, kejadian terjadi pukul sekitar 17.00 Wita pada 2 September 2019.

Dan karena akses menuju lokasi sulit dilewati mobil pemadam. Lokasi ini di Penajam Paser Utara yang merupakan lokasi ibu kota baru Republik Indonesia di Kalimantan Timur

Penanganan dilakukan secara manual ditambah menggunakan alkon portabel.

Dia menjelaskan, pihaknya bersama unsur terkait, yakni PT IHM, Koramil Sepaku, Polsek Sepaku, Desa Bukit Raya, Sentana SPMAA, PMK Pos Sepaku, KPHP Maratus.

Warga sekitar, melakukan rapat koordinasi pada malam pukul 20.00 Wita tanggal 4 September 2019, untuk update penanganan karhutla tersebut karena masih terdapat titik api dan asap.

Jenis lahan yang terbakar merupakan kebun karet, kebun sawit, kebun sengon, semakin belukar dan lahan semi gambut.

Luasan area pada kebakaran hutan dan lahan atau karthutla di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur
Luasan area pada kebakaran hutan dan lahan atau karthutla di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Tribunkaltim.co/HO BPBD Penajam)

Dari hasil rapat koordinasi tersebut, diputuskan bahwa pergerakan personil dan peralatan untuk pemantauan dan penanganan lanjutan akan dilakukan oleh tim gabungan.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved