Berita Samarinda Terkini

Normalisasi Sungai Karang Mumus Samarinda, Pemkot Berencana Bongkar 800 Rumah

Namun, sebelumnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Timur mengajukan Rp 21 miliar.

Normalisasi Sungai Karang Mumus Samarinda, Pemkot Berencana Bongkar 800 Rumah
TribunKaltim.Co/Purnomo Susanto
PERLIHATKAN PETA - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Samarinda, Endang Liansyah memperlihatkan peta hasil citra google earth bantaran Sungai Karang Mumus pada Jumat (6/9/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Baru saja, laporan soal data seluruh rumah yang akan dibongkar disampaikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur.

Pemkot Samarinda mendata, sedikitnya 800 rumah akan dibongkar untuk melancarkan program normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Samarinda, Endang Liansyah mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pendataan kepada seluruh rumah-rumah yang nantinya akan dibongkar di Sungai Karang Mumus.

Data sementara yang dikumpulkan olehnya, ada 800 rumah akan dibongkar.

"Itu masih data sementara. Rumah yang akan dibebaskan itu ada di dua sisi," ujarnya saat ditemui di Kantor Gubernur Kaltim Isran Noor usai memberikan laporan perkembangan pengerukan dan pengangkutan sedimentasi SKM ke lokasi pembuangan (Disposal), pada Jumat (6/9/2019), siang

Disisi pertama, ada di belakang Pasar Segiri Samarinda tepatnya di Rt 26, 27 dan 28 sebanyakn kurang lebih 600 rumah.

Kemudian, sisi kedua ada di Gang Nibung sampai ke Jembatan Perniagaan sebanyak 205 rumah.

"Jadi jumlah total rumah yang terdata 800 rumah sekian," lanjutnya menjelaskan.

Ditanyakan soal dana untuk melaksanakan kegiatan pembongkaran, Endang mengungkapkan, tidak memiliki kewenangan untuk menyampaikan hal itu.

Namun, sebelumnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Timur mengajukan Rp 21 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD Perubahan) 2019 untuk kelanjutannya program ini.

Halaman
1234
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved