Masuknya Septinus Alua Menambah Ketatnya Persaingan Posisi Geladang Bertahan di Persiba Balikpapan

Masuknya Septinus Alua Menambah Ketanya Persaingan Posisi Geladang Bertahan di Persiba Balikpapan

Masuknya Septinus Alua Menambah Ketatnya Persaingan Posisi Geladang Bertahan di Persiba Balikpapan
TRIBUN KALTIM
Grafis Persiba - Persaingan Gelandang bertahan Persiba Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Posisi gelandang bertahan Persiba Balikpapan saat ini berlimpah. Mulai dari Stefanus Bungaran, M Said, dan pemain anyar, Septinus Alua. Kondisi ini membuat pelatih Persiba Satia Bagdja punya banyak opsi.
Satia pun sudah mencoba ketiganya, baik Stefanus, M Said, dan Septinus Alua. Dua nama terakhir dalam tiga pertandingan ini sudah dipercaya Satia mengisi posisi sentral tersebut.
Stefanus Bungaran pun kerap mengisi bangku cadangan dengan kehadiran Septinus Alua dan meningkatnya permainan M Said. Meski demikian Stefanus tak menganggap itu sebagai persaingan dan tidak merasa terancam dengan dipasangnya Septinus dan M Said.
"Bagi saya tidak ada masalah terancam atau tidak terancam. Semua pemain kalau membawa tim ini lebih bagus selalu kita suport. Kita bisa bersaing dengan positif untuk membangun tim ini menjadi lebih baik lagi," katanya.
Baik M Said dan Septinus Alua cukup memuaskan di tiga pertandingan terkahir. Saat melawan Persis Solo dan Persewar Waropen, M Said dipercaya pelatih. Sementara melawan Sulut United, Jumat (6/9) lalu, Septinus Alua pun menjalankan debutnya dengan baik.
Pada pertandingan ini Septinus bermain cukup baik selama 90 menit. Melakukan beberapa kali intercept, disiplin, dan tak jarang melakukan umpan terukur ke lini depan. Dalam bertahan pun, dia mampu mematahkan beberapa kali serangan lawan.

Pelatih Persiba Satia Bagdja Meminta Pemainnya Tenang dan Cetak Gol saat Menghadapi Sulut United

Pelatih Bogor FC Sulut United Heri Kiswanto Optimistis Curi Poin Menghadapi Persiba

Satia Bagdja pun memuji penampilan Septinus di pertandingan yang dimenangkan Persiba itu. Menurutnya, Alua adalah pemain yang tidak mudah kehilangan bola dan berani memberi umpan terukur. "Alua memang pemain yang berkualitas. Berani pegang bola, variasi passing banyak seperti pakai kaki luar," kata Satia.
Dengan kehadiran Septinus Alua justru menambah opsi Satia dengan variasi lini tengah. Bahkan dia juga mempunyai rencana untuk memasang dua gelandang bertahan dengan menduetkan Alua dan Stefanus seperti babak kedua melawan Sulut United. "Saya jadi banyak opsi untuk gelandang bertahan. Bisa mainkan Alua dengan Stefanus, pasang dua gelandang bertahan," ujar pelatih 60 tahun itu.
Sementara itu, M Said juga tak memikirkan tentang persaingan di posisi gelandang bertahan pasca kedatanagn Septinus Alua. Sudah bermain empat pertandingan sebagai starter, penampilan mantan pemain Madura FC ini tak juga mengecewakan. Bahkan di dua pertandingan saat bersua Persis dan Persewar, Said cukup bagus menjalankan perannya.
Dia pun merasa bersyukur masih diberikan kesempatan berkontribusi untuk tim berjuluk Beruang Madu. Meski dirinya menyadari masih banyak kekurangan ketika di lapangan yang harus diperbaiki. "Alhamdulillah bisa diberi kesempatan pelatih. Bisa membayar kepercayaan pelatih dengan usaha, kerja keras, dan tanggung jawab," kata Said.
"Memang saat ini masih ada kekurangan, tapi tetap berusaha semaksimal mungkin agar lebih baik kedepannya," tambahnya. Terkait ketatnya persaingan di lini tengah dengan kehadiran Septinus Alua dan Stefanus Bungaran di posisi gelandang bertahan dia tidak terlalu memikirkan. Menurutnya, setiap pemain memiliki karakter bermain yang berbeda.
"Sejujurnya saya di Persiba untuk membantu tim ini meraih prestasi. Semua tergantung pelatih, karena kita bertiga punya karakter bermain yang berbeda. Sebagai pemain kita tinggal jalankan instruksi pelatih," ujar Said.

Pelatih Persiba Satia Bagdja Meminta Pemainnya Bermain Tenang saat Main di Stadion Batakan

Penampilan Skuad Persiba Balikpapan Dinilai Meningkat Pasca Dilatih Satia Bagda

Terkait masuk starting eleven atau tidak, Said tidak mempermasalahkan. Karena semua demi kebaikan dan untuk kepentingan tim. Siapapun yang dipercaya Said selalu memberi semangat.
Selama tiga pertandingan terakhir Persiba berhasil meraih kemenangan. Ketiga pertandingan itu Persiba menang dengan skor 1-0. Hasil tersebut membuat Persiba mulai meninggalkan zona degradasi dengan bertengger di posisi lima klasemen sementara wilayah timur Liga 2 2019.
Selanjutnya Persiba akan melakukan tur Jatim. Skuad Beruang Madu akan bertandang melawan Persatu Tuban 13 September dan menantang pemuncak klasemen sementara Persik Kediri 18 September 2019.(*)

Penulis: Arif Fadilah
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved