Pesta Adat Erau Kembali Pada Marwahnya, Pelaksanaannya Diserahkan Pihak Kesultanan

Pembukaan Upacara Adat Erau berlangsung meriah di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Minggu (8/9/2019).

Pesta Adat Erau Kembali Pada Marwahnya, Pelaksanaannya Diserahkan Pihak Kesultanan
TribunKaltim.co/Rahmat Taufik
Prosesi mendirikan tiang ayu dipimpin Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sultan Aji Muhammad Arifin di Keraton, Minggu (8/9/2019). Prosesi ini menandai awal dari Pesta Adat Erau yang berlangsung selama sepekan ke depan 8-15 September 2019 

TRIBUNKALTIM. CO - Pembukaan Upacara Adat Erau berlangsung meriah di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Minggu (8/9/2019).

Acara diawali prosesi mendirikan tiang ayu sebagai tanda dibukanya pesta adat Erau.

Prosesi pendirian tiang ayu dipimpin langsung Sultan Aji Muhammad Arifin.

Tiang kayu didirikan beramai-ramai. Tiang ayu menjadi media untuk memohon kepada para dewa agar dijauhkan dari segala mara bahaya, hambatan dan roh jahat yang berniat mengganggu pelaksanaan pesta adat Erau yang digelar selama sepekan ke depan.

Ketua Panitia Erau, Awang Yakoub Luthman menyampaikan terima kasih telah dikembalikan marwah Erau pada Kesultanan Kutai, bahkan pelaksananya diserahkan kepada pihak kesultanan di mana selama bertahun-tahun menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Pemkab Kukar.

"Seiring perkembangan konsep wisata destinasi Indonesia yang telah bertransformasi dari Erau dengan cara konservatif menjadi Erau yang lebih progresif dengan menampilkan budaya kemasan internasional adalah bukan hal yang salah dan kami tetap menjunjung tinggi dan mengapresiasi langkah Pemkab untuk hal tersebut," kata Awang.

Intip Ritual Merangin di Kesultanan Kutai, Undang Mahluk Gaib Hadir Pada Pesta Adat Erau Pekan Depan

Gubernur dan Wabup Tiba di Keraton Kesultanan Kutai Hadiri Penobatan Putra Mahkota

Kesultanan Undang Para Raja Hadiri Penobatan Sultan Kutai

Sekretaris Kesultanan Kutai itu tetap menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Pemprov dan Pemkab, termasuk bupati, sekda dan perangkat OPD yang memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Erau Kesultanan Kutai 2019 dengan tema Eroh Berpijak Awal, Kerabat Tirakat, Kampung Tirakat, Rakyat Tirakat, Berharkat Beberkat.

"Ini menandakan adanya kepedulian terhadap adat," ujarnya.

Ia mengatakan, Erau ini adalah pesta rakyat.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, Pesta Adat Erau ini masuk dalam kalender nasional dan menjadi ajang terpopuler yang sudah ditetapkan Kementerian Pariwisata.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved