Warga Pedalaman Kutai Timur Dapat Operasi Katarak Gratis

Operasi katarak gratis dalam rangka bakti sosial menuju Kutai Timur bebas katarak 2020, kembali digelar.

Warga Pedalaman Kutai Timur Dapat Operasi Katarak Gratis
HO/Dinkes Kutim
Pelaksanaan operasi katarak di Puskesmas Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur 

TRIBUNKALTIM.CO -  Operasi katarak gratis dalam rangka bakti sosial menuju Kutai Timur bebas katarak 2020, kembali digelar.

Kali ini, dipusatkan di Puskesmas Kongbeng, Minggu (8/9/2019).

Kegiatan yang bekerja sama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata (Perdami) Kaltimtara dan Dinas Kesehatan Kutai Timur ini juga diprakarsai oleh anggota DPRD Kutim, Encek UR Firgasih SH MAP.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) mengatakan, dari 150 peserta yang mendaftar, ternyata hanya 48 peserta saja yang lolos screening untuk dilakukan operasi.

Sisanya, dalam kondisi kurang sehat untuk dilakukan operasi yang sengaja menyasar warga kurang mampu di sekitar Kecamatan Kongbeng.

"Operasi katarak untuk wilayah Kutai Timur, dibagi dalam beberapa zona. Di pedalaman, sebelumnya sudah dilakukan di Kecamatan Muara Bengkal, untuk mengakomondir warga dari Kecamatan Muara Ancalong, Long Mesangat, Batu Ampar dan Busang. Selanjutnya di Kecamatan Sangatta Selatan, kemudian digelar di Kecamatan Sangkulirang, untuk mengakomondir warga di kawasan pesisir, seperti Sandaran, Karangan, Kaliorang, dan Kaubun. Saat ini, digelar di Kecamatan Kongbeng, untuk mengakomondir, warga di Kecamatan Muara Wahau dan Telen,” ungkap Yusuf.

Kepala Dinkes Kutim, dr Bahrani mengatakan angka penderita katarak di Kutim saat ini berkisar antara 700-1.000 penderita. Namun, baru 300 penderita yang bisa dioperasi.

”Bakti sosial ini sangat dinanti-nantikan masyarakat. Dengan mendekatkan pelayanan kepada warga. Sehingga mereka (pasien) tidak jauh-jauh lagi dan mengeluarkan biaya transport untuk datang ke Sangatta atau ke Samarinda untuk operasi katarak,” ungkap Bahrani.

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved