Mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal, Bakal Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe meninggal di usia 95 tahun, pada Jumat (6/9/2019).

Mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal, Bakal Diberi Gelar Pahlawan Nasional
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe telah meninggal di Singapura 

TRIBUNKALTIM.CO-Mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe meninggal di usia 95 tahun, pada Jumat (6/9/2019).

Kini jenazah masih berada di Singapura. Diperkirakan jenazah pemimpin yang berkuasa selama lebih dari 30 tahun itu akan tiba di Zimbabwe dalam beberapa hari mendatang.

"Saya tidak bisa memberikan hari yang resmi. Tapi yang saya tahu, akan ada yang berangkat pada Senin (9/9/2019) untuk mengambil jenazahnya (di Singapura)," kata Leo Mugabe, keponakan mendiang, kepada AFP seperti dilansir Kompas.Com

"Jadi dengan asumsi mereka tiba di sana pada Selasa (10/9/2019), dan jenazahnya sudah siap, maka setidaknya paling cepat mereka akan kembali (ke Zimbabwe) pada hari Rabu (11/9/2019)," lanjutnya, menambahkan daftar anggota keluarga yang akan menyertainya sedang didata.

Mugabe, seorang mantan pemimpin gerilyawan yang berjuang demi kemerdekaan Zimbabwe, meninggal setelah sempat menjalani perawatan untuk penyakitnya di rumah sakit di Singapura.

Kesehatan Mugabe semakin menurun setelah dia dipaksa mundur dari jabatan presiden pada November 2017 dan telah mulai dirawat di Singapura sejak April lalu.

Mugabe dikenang secara beragam mulai dari pahlawan kemerdekaan hingga diktator yang menyebabkan kehancuran negaranya sendiri.

Di Katedral Hati Kudus, paroki Mugabe di Harare, imam mengajak jemaatnya untuk mendoakan mendiang pemimpin dan pendiri negara mereka.

"Saya paham beberapa dari kita mungkin memiliki perasaan yang berbeda tentang ini, namun adalah tugas kita untuk saling mendoakan," kata Pastor Justin Jagaja.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa telah mengumumkan periode berkabung nasional pada Jumat (6/9/2019), namun tidak memberi rincian lebih lanjut.

Halaman
1234
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved