Berita Kaltara Terkini

Pagi Ini PEDA KTNA Kalimantan Utara 2019 Dibuka, Ada Pelatihan Petani Millenial dan Unjuk Tangkas

Termasuk juga pelatihan petani millenial dari oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Samarinda, Kalimantan Timur.

Pagi Ini PEDA KTNA Kalimantan Utara 2019 Dibuka, Ada Pelatihan Petani Millenial dan Unjuk Tangkas
Tribunkaltim.co/Muhammad Arfan
Persiapan booth pameran Kabupaten Malinau yang menampilkan berbagai buah-buahan lokal Malinau menjelang pembukaan PEDA KTNA Kalimantan Utara 2019 pada Senin (9/9/2019) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pagi ini, Senin (9/9/2019), Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan atau PEDA KTNA Tahun 2019 Tingkat Provinsi Kalimantan Utara.

Ini dihadiri kontingen dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Utara akan dibuka di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara atau Kaltara.

Rencananya kegiatan ini dibuka oleh perwakilan Menteri Pertanian bersama Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 12 September ini juga diisi dengan pameran produk dan teknologi pertanian dan ketahanan pangan di sejumlah booth pameran.

PEDA KTNA juga diisi rangkaian kegiatan unjuk tangkas antara lain memipil jagung, kupas kelapa, tangkap lele, jajar legowo, membedakan jenis kopi, merangkai sayuran, dan lainnya.

Berbagai kegiatan peningkatan kapasitas petani juga diagendakan seperti bimbingan teknis (bimtek) tumpang sari tanaman, bimtek bawang merah, bimtek alsintan, peragaan okulasi, sambung pucuk, dan pengolahan pangan non-beras dan terigu.

Termasuk juga pelatihan petani millenial dari oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Samarinda, Kalimantan Timur.

"Ini menjadi ajang silaturahmi para petani di Kalimantan Utara. Akan ada juga temu sukses petani, nelayan, dengan penyuluh, temu agribisnis, temu karya wirausaha petani-nelayan. Termasuk juga ," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalimantan Utara Andi Santiaji Pananrangi.

Andi Santiaji mengatakan, pertanian memiliki arti penting bagi upaya kemajuan bangsa dan negara karena secara universal pertanian menjadi sumber kehidupan bagi manusia.

Negara dan bangsa yang kuat dan maju bisa bisa diwujudkan jika didukung oleh pertanian yang kuat dan tangguh, begitu juga dalam lingkup lokal.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved