Berita DPRD Kalimantan Timur

Perangi Sampah Plastik, Anggota DPRD Katim Ini Kini Biasakan Bawa Botol Minuman dari Rumah

Setidaknya dengan mengurangi penggunaan minuman kemasan botol plastik dan kantong plastik kita juga mengurangi sampah plastik

Perangi Sampah Plastik, Anggota DPRD Katim Ini Kini Biasakan Bawa Botol Minuman dari Rumah
HUMAS DPRD KALTIM
Romadhony Putra Pratama 

SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama mengajak masyarakat Kaltim untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi membeli air minuman kemasan dalam botol plastik dan selalu membawa kantong plastik ramah lingkungan.

Imbauan sekaligus kampanye bebas plastik itu disampaikannya berkaitan dengan besarnya peran Indonesia dalam menyumbang sampah plastik dunia.

“Setidaknya dengan mengurangi penggunaan minuman kemasan botol plastik dan kantong plastik kita juga mengurangi sampah plastik di Bumi Etam kita tercinta ini,” imbaunya.

Dikatakannya, saat ini dia sudah membiasakan diri untuk membawa botol minuman dan tidak lagi membeli air minuman kemasan dalam botol plastik.

Apa yang dilakukannya tersebut diharapkan dapat diikuti masyarakat Kaltim, agar masyarakat Kaltim bisa bersama-sama menjaga lingkungan Kaltim yang bebas dari sampah plastik.

Sekadar diketahui, berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun. Dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Sampah plastik yang berupa kantong plastik yang terbuang ke lingkungan tersebut sebanyak 10 milar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

Sampah plastik yang masuk ke laut tersebut dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut microplastics dengan ukuran 0,3 – 5 milimeter dan microplastics ini sangat mudah dikonsumsi oleh hewan-hewan laut.

“Hal ini tentu berbahaya bagi hewan-hewan laut. Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dengan ikut serta mengurangi penggunaan kantong plastik, dan membuang sampah plastik ke laut ataupun sungai,” imbaunya lagi. (adv/hms3)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved