Berita Pemprov Kalimantan Utara

Siapkan Warga Tangguh Hadapi Risiko Bencana, Pemprov Kaltara Akan Bentuk Kampung Siaga Bencana,

Kementerian Sosial (Kemensos) provinsi termuda ini mendapat bantuan program pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB).

Siapkan Warga Tangguh Hadapi Risiko Bencana, Pemprov Kaltara Akan Bentuk Kampung Siaga Bencana,
HUMASPROV KALTARA
Heri Rudiyono, Kepala Dinas Sosial Kaltara 

TANJUNG SELOR – Pemerintah pusat tidak henti-hentinya menaruh perhatiannya kepada Pemprov Kaltara. Melalui Kementerian Sosial (Kemensos) provinsi termuda ini mendapat bantuan program pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB).

Saat ditemui, Kepala Dinas Sosial Kaltara Heri Rudiyono mengungkapkan, dibentuknya KSB untuk menyiapkan masyarakat tangguh dalam mengurangi risiko bencana.

“Tahun ini kami menunjuk Kabupaten Bulungan untuk menentukan lokasi mana saja yang akan dibentuk KSB. Kami juga menunggu surat permintaan pembentukan KSB dari Kabupaten Bulungan,”kata Heri.

Heri menjelaskan pembentukan KSB ini akan dipilih 2 hingga 3 desa untuk meminimalisir terjadinya bencana. “Karena KSB lebih banyak memfokuskan pada tahapan pra bencana, dimana didalamnya terdapat kegiatan mitigasi, dan kesiapsiagaan bencana,” katanya.

Heri mengatakan secara kelembagaan KSB ini baru mencapai tingkat kecamatan dan desa, seperti tahun sebelumnya KSB yang sudah terbentuk di Kaltara sebanyak 6 KSB yakni Tarakan 2 KSB, Nunukan 2 KSB, Malinau 1 KSB, dan 1 KSB di Bulungan.

“Untuk Tarakan KSB bencana kebakaran, Tahun lalu KSB dibentuk di Desa Lumbis, ada juga di Peso, dan Sembakung,” ungkap Heri.

Ia menuturkan, KSB ini mampu memberikan berkontribusi pada tahapan pra saat dan pasca bencana. Seperti pada saat bencana sudah dapat membantu pendistribusian bantuan kepada masyarakat sekitar.

“Di KSB itu juga terdapat petugas bencana yang ditugaskan. Artinya tiap KSB terdapat 60 orang petugas dari masyarakat di desa itu sendiri. Di KSB itu nanti akan dilatih mulai dari penanggulangan bencana hingga penyaluran logistik, di KSB itu juga nanti akan kita buatkan gudang logsitik. Instrukturnya dari Tagana, BPBD, hingga aparat terkait di KSB,” tuntasnya.(humas)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved