BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Kabut Asap, Beberapa Penerbangan Sudah Mulai Molor

Kepala BMKG Bulungan M Sulam Khilmi mengungkapkan, kabut asap tebal akan dipicu oleh hotspot atau titik api di wilayah Bulungan dan Kalimantan Utara

BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Kabut Asap, Beberapa Penerbangan Sudah Mulai Molor
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
Sejak Selasa (10/9/2019) pagi, kabut asap di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, memang cukup tebal, namun berangsur menurun. Melalui satelit, BMKG Berau melaporkan, hari Selasa ini, ada 50 titik panas yang terdeteksi. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Bulungan memperingatkan sejumlah instansi dan masyarakat untuk mengantisipasi timbulnya kabut asap tebal di Bulungan dalam waku dekat.

Kepala BMKG Bulungan M Sulam Khilmi mengungkapkan, selain kabut asap tebal akan dipicu oleh hotspot atau titik api di wilayah Bulungan dan Kalimantan Utara sendiri.

Bulungan juga berpotensi dapat kabut asap kiriman dari provinsi tetangga, tepatnya dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

"Hari ini di Berau ada 53 titik hotspot.

Akan tetapi kita berharap itu confidence-nya rendah, di bawah 30 persen.

Tentunya juga kita harapkan arah angin tidak ke sini," sebut M Sulam Khilmi, Selasa (10/9/2019) saat disua di Staisiun Metereologi Tanjung Harapan.

Di Kalimantan Utara sendiri hari ini, Selasa (10/9/2019), terpantau sebanyak 57 hotspot yang tersebar 29 titik di Bulungan, 25 titik di Malinau, 2 titik di Tana Tidung, dan 1 titik di Nunukan.

Di Bulungan, rerata hotspot berada di Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Sedang di Malinau rerata di Malinau Utara.

Di Tana Tidung, hotspot terpantau di Sesayap. Sedang di Nunukan, titik hotspot berada di Kecamatan Lumbis Ogong, perbatasan Indonesia-Malaysia.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved