Berita Pemkab Penajam Paser Utara

FGD Pro-P2KPM, Pemkab PPU Berharap Hasilkan Identifikasi Masalah dan Pemetaan Potensi Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menggelar Focus Group Discussion (FGD)

FGD Pro-P2KPM, Pemkab PPU Berharap Hasilkan Identifikasi Masalah dan Pemetaan Potensi Desa
HUMASKAB PPU
Asisten II Setkab PPU, Ahamd Usman membuka Focus Group Discussion (FGD) Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahan dan Pedesaan Mandiri (Pro-P2KPM) di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU, Senin, (9/9/2019). 

PENAJAM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menggelar Focus Group Discussion (FGD), Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahan dan Pedesaan Mandiri (Pro-P2KPM) yang digelar di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU, Senin, (9/9/2019).

Kegiatan ini dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten PPU, Ahmad Usman, dihadiri Kepala DPMPD PPU, Dul Azis, diikuti kepala desa, Badan Pemberdayaan Desa (BPD) dan pengelola BUMDes se-Kabupaten PPU.

Ahmad Usman mengatakan, Pemerintah Kabupaten PPU sangat menyambut baik serta menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan FGD tersebut.

“Semoga kegiatan hari ini dapat mendorong upaya pemetaan potensi desa dan identifikasi permasalahan pedesaan, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten PPU,“ kata Usman.

Undang-undang No 6 tahun 2014 tentang Desa kata dia, merupakan instrumen baru yang dikeluarkan pemerintah pada awal tahun 2014, yang menekankan fokus pembangunan Indonesia harus dimulai dari unit terkecil pemerintahan, yaitu desa.

Penerbitan UU tersebut kemudian diikuti dengan PP No. 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan PP No. 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Untuk itu, sesuai dengan mandat UU No. 6 tahun 2014, dimana desa diharapkan mampu menjadi pendorong pembangunan di Indonesia.

Selain itu, juga untuk penguatan kelembagaan ekonomi desa pada dasarnya adalah, model ekonomi Indonesia yang merupakan model ekonomi yang berbasis pasar dengan intervensi pemerintah yang memainkan peranan penting.

“Untuk itu, melalui FGD ini diharapkan menjadi salah satu langkah yang dapat kita tempuh untuk menyamakan persepsi, menyamakan langkah, tujuan dan output bersama dalam membangun potensi desa yang ada di Kabupaten PPU, jelasnya.

Prospek pengembangan BUMDes di desa-desa pesisir Kabupaten PPU yang diharapkan mampu menjadi poros perekonomian kabupaten, dilandasi oleh kesepahaman stakeholder yang terkait dengan kondisi dan situasi desa dan keterlibatan masyarakat di wilayah pesisir. (Advertorial/Humas6/Kominfo)

Tags
Pro-PK2KPM
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved