Berita Pemkab Mahakam Ulu

Gelar Bimtek, Bupati Mahulu Berpesan Gunakan Dana Kampung Sesuai Prioritas Kebutuhan dan Aturan

Kelola dengan baik dengan tujuan agar dana ini dapat memotivasi atau menstimulir perekonomian desa,

Gelar Bimtek, Bupati Mahulu Berpesan Gunakan Dana Kampung Sesuai Prioritas Kebutuhan dan Aturan
HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahulu Bonifasisus Belawan berfoto bersama peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Keuangan dan Rekonsiliasi Aset Kampung bagi 11 Kampung se-Kecamatan Long Bagun. Bimtek digelar di Balikpapan, Kamis (5/9/2019). 

BALIKPAPAN - Dalam upaya meningkatkan kapasitas aparatur Kampungnya, Pemerintah Kecamatan Long Bagun menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Keuangan dan Rekonsiliasi Aset Kampung bagi 11 Kampung yang berada di wilayahnya.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH, bertempat di Hotel Pasific Balikpapan. Kamis (5/9/2019).

Bimtek tersebut dilaksanakan dari tanggal 5 hingga 8 September 2019, selama empat hari.

Dalam sambutannya Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menyampaikan bahwa tata kelola pemerintahan yang baik merupakan suatu kebutuhan yang sangat prioritas bagi setiap Pemerintah Daerah.

"Kita harus selalu berupaya mensosialisasikan kaidah-kaidah dan praktik tata kelola yang baik dalam bidang pengelolaan keuangan, yang diwujudkan dalam bentuk penerapan prinsip good governance yaitu penyusunan dan penyajian laporan keuangan dan pengelolaan aset yang akuntabel," ujar Bupati.

Bupati mengharapkan agar kaidah-kaidah dan praktik tata kelola yang baik dalam keuangan juga dilakukan penyelenggara Pemerintahan Kampung semuanya sampai pada Bendahara, Sekretaris, dan BPK Kampung

"Gunakan dana bantuan pembangunan Kampung dengan sebaik mungkin sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Jika itu dilakukan sudah dapat dipastikan tidak akan terjerumus," harap Bupati.

Bupati juga mengharapkan dengan digelarnya Bimtek tersebut dapat meningkatkan kapasitas peserta lebih baik lagi.

"Adanya peningkatan kapasitas seperti ini, saya harap kita jauh lebih baik lagi, dari yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak benar menjadi benar setelah mengikuti Bimtek ini, untuk itu ikuti secara tuntas agar kapasitas peserta semakin bertambah dalam pengetahuan pengelolaan pelaporan serta sistem keuangan ini, dan tidak ada alasan tidak tahu," harap Bupati.

Hal senada disampaikan Kepala BPKP Provinsi Kaltim Drs. Aidil Hamonangan Pangihutan, MM bahwa Dana Desa atau Kampung adalah suatu kondisi yang strategis, signifikan yang dikelola secara profesional.

"Kelola dengan baik dengan tujuan agar dana ini dapat memotivasi atau menstimulir perekonomian desa, sehingga nanti kesejahteraan masyarakat kita meningkat melalui dana-dana desa yang dikelola melalui program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Long Bagun Yason Liah, S.Hut.,M.P mengungkapkan hal yang melatarbelakangi Bimtek tersebut yakni dalam proses penatausahaan dan pertanggungjawaban yang bersumber dari Dana Kampung dalam wilayah Kecamatan Long Bagun dirasa tidak memadai.

"Terlihat banyak kekurangan dalam pemenuhan kelengkapan dokumen pertanggungjawaban belanja pada beberapa Pemerintah Kampung dengan alasan ketidaktahuan dalam pertanggungjawaban tersebut," ungkap Camat.

Turut hadir dalam pembukaan Bimtek, Kepala BPKAD, Inspektur Inspektorat dan Kepala DPMK, serta kepala BPKP Provinsi Kaltim Drs. Adil Hamonangan Pangihutan, MM dan Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemda Suharyo AK. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved